Entri blog oleh LAITISHA KAYLA AZZAHRA

Gambar dari LAITISHA KAYLA AZZAHRA
oleh LAITISHA KAYLA AZZAHRA - Minggu, 20 November 2022, 21:34
Siapa pun di dunia

Nama : Laitisha Kayla Azzahra

NIM : 1102220115

Kelas : EL-64-04

 

Perkenalkan nama saya Laitisha Kayla Azzahra, disini saya akan menyampaikan pendapat dan sudut pandang saya mengenai beberapa topik. Beberapa topik yang saya maksud yaitu mengenai SGDs di TelU, Kebhinekaan di TelU, Gerakan Lingkungan di TelU, Renewable energy di TelU, dan tentang Pengaturan penggunaaa kendaraan bermotor di TelU.    

1.Sustainable Development Goals  (SGDs) di Telkom University

Sustainable Development Goals atau yang biasa diketahui dengan singkatan SGDs adalah Tujuan Rencana Berkelanjutan atau merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030. 17 tujuan tersebut antara lain adalah tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi layak, energi bersih dan terjangkau, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, industri inovasi dan infrastruktur, berkurangnya kesenjangan, kota & komunitas berkelanjutan, konsumsi dan produksi yang bertanggungjawab, penanganan perubahan iklim, ekosistem laut, ekosistem daratan, perdamaian keadilan kelembagaan yang tangguh, dan kemitraan untuk mencapai tujuan.

2.    Kebhinekaan di Telkom University

Kebhinekaan berasal dari kata “Bhineka Tunggal Ika” yang mempunyai arti, berbeda beda tetapi tetap satu jua. Kebhinekaan adalah keberagamaan. Di indonesia sangat banyak keberagamaan dari ras, suku, budaya dan agama.  Di Telkom University, mahasiswa dan mahasiswinya  tidak hanya berasal dari satu daerah yang sama tetapi dari berbagai daerah.

3.    Gerakan Lingkungan di Telkom University

Gerakan Lingkungan adalah Gerakan sosial dan politik yang diarahkan untuk pelestarian, restorasi dan peningkatan kualitas lingkungan hidup melalui Pendidikan publik, advokasi, perubahan gaya hidup, perbaikan rencana komunitas, perubahan ekonomi uang serta perombakan kebijakan negara.

4.    Renewable Energy di Telkom University 

Contoh umum dari renewable energy adalah energi yang dihasilkan oleh matahari, laut, angin dan sebagainya. Para ahli mengungkapkan bahwa renewable energy tidak akan habis karena proses alam terus menghasilkan pasokan energinya secara alamiah.

Contoh renewable energy yang ada di Telkom University adalah banyak nya sumur resapan dan terdapat pula pembangkit energi listrik yang terbuat dari tenaga surya. Tak hanya itu di Telkom University juga terdapat Pembangkit listrik tenaga angin, dan pembangkit listrik tenaga sampah

5.    Pengaturan Penggunaan Kendaraan Bermotor di Telkom University

 Pengaturan penggunaan kendaraan bermotor di Telkom University cukup baik karena terdapat banyak tempat untuk memarkirkan kendaraan bermotor. Tetapi sangat disayangkan karena lahan parkirnya berlubang yang bisa menyebabkan adanya genangan air sesaat setelah hujan turun.