Entri blog oleh ANGELINE KANYA CALISTA WANDICHA

Gambar dari ANGELINE KANYA CALISTA WANDICHA
oleh ANGELINE KANYA CALISTA WANDICHA - Sabtu, 19 November 2022, 13:43
Siapa pun di dunia

Angeline Kanya Calista W

1102223069

EL-46-04

 

Telkom University adalah salah satu PTS yang ada di Indonesia dan merupakan salah satu PTS yang berhasil menduduki 10 besar Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia. Sebelum ini perkenalkan nama saya Angeline Kanya Calista Wandicha salah satu mahasiswa baru Telkom University, berikut merupakan pengamatan saya terhadap beberapa hal selama berkuliah di Telkom University:

1.      SDGs di Telkom University

            Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan aksi global yang disetujui oleh pemimpin dunia salah satunya adalah Indonesia, untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan sosial, dan melindungi lingkungan. Dikutip dari laman resmi milik Telkom University https://sdgs.telkomuniversity.ac.id/ terdapat 17 konsen dalam SDGs. Berdasarkan 17 komponen SDGs Telkom University sudah banyak mencapai hal tersebut, namun, ada 1 hal yang menurut saya belum tercapai yaitu tanpa kemiskinan dan tanpa kelaparan. Menurut saya kedua hal tersebut berkesinambungan mengingat harga makanan di kantin masih terbilang cukup mahal, sehingga terkadang mahasiswa lebih memilih menahan lapar dikarenakan kemungkinan uang bulanan yang sudah menipis. Saran saya dengan harga yang sudah ditetapkan mungkin bisa diperbanyak porsinya atau harga makanan atau minuman dapat diturunkan.

2.      Kebhinekaan di Telkom University

            Mahasiswa Telkom University berasal dari berbagai macam daerah, tidak hanya berasal dari Indonesia saja, tetapi ada yang berasal dari Negara lain juga contohnya ada mahasiswa yang berasal dari Timor Leste. Tidak hanya beragam dari daerah saja, tetapi juga berbagai macam agama menyatu di Telkom University. Menurut saya Telkom University sudah sangat baik dalam menyatukan dan memfasilitasi berbagai perbedaan yang ada. Berbagai komunitas dan UKM kedaerahan maupun agama disediakan oleh Telkom University.

3.      Gerakan Lingkungan di Telkom University

Gerakan lingkungan di Telkom University sangat banyak mulai dari Green Campus sampai pada penemuan-penemuan atau penelitian untuk mengurangi emisi di lingkunagn kampus. Berdasarkan pemeringkatan Universitas Indonesia Green Metric (UIGM), Telkom University menempati peringkat ke-9 di Indonesia dan peringkat ke 123 dunia sebagai kampus hijau di tahun 2020. Penghargaan tersebut sangatlah bagus dan menurut saya ini merupakan gerakan yang sangat bagus, karena dapat saya akui lingkungan kampus lebih banyak terasa adem dan sejuk karena banyaknya pepohonan. Tetapi ada 1 hal yang disayangkan menurut saya, kurangnya tempat sampah diarea kampus, dengan luas kampus yang sangat besar. Saran saya pihak kampus dapat menambah tempat sampah di beberapa titik kampus.

4.      Renewable Energy di Telkom University

Renewable Energy (Energi Terbarukan) adalah energi yang berasal dari sumber-sumber alamiah seperti sinar matahari, angin, hujan, geothermal dan biomassa. Dalam bidang ini Telkom University sudah melakukan penelitian dan penemuan terhadap bidang ini. Ada beberapa sumur-sumur resapan buatan yang digunakan untuk penelitian serta pengembangan ilmu pengetahuan yang telah dilakukan oleh Telkom University.

 

5.      Pengaturan Penggunaan Kendaraan Bermotor di Telkom University

            Pengaturan Penggunaan Kendaraan Bermotor di lingkungan kampus menurut saya sudah sangat baik, karena Telkom University telah menyediakan tempat parkir motor yang luas dan cukup. Motor tidak dapat beredar sembarangan sehingga menjaga dan mengurangi emisi dalam lingkungan kampus. Namun, sedikit disayangkan karena tempat parkir motor banyak lubang dan sudah tidak bagus lagi tempatnya, seharusnya pihak kampus dapat membetulkan parkiran motor sehingga lebih nyaman untuk digunakan. Tetapi, dalam aturan penggunaan motor menurut saya sudah baik.