loader image
Skip to main content
Home
Mata kuliah Riset Operasi I dirancang untuk meningkatkan keterampilan analitis dan kemampuan membuat keputusan berbasis data. Riset Operasi merupakan studi yang menggunakan model matematik sebagai alat analisis dengan merumuskan masalah ke dalam model matematik dan mencari solusi terbaik secara kuantitatif. Topik utama mata kuliah Riset Operasi I adalah permasalahan pemrograman linier, denga sub topik yang tersusun atas pemodelan matematis, pemrograman linier, metode grafis untuk memecahkan persoalan pemrograman linier, metode simpleks, analisis dualitas, analisis sensitivitas, permasalahan transportasi, permasalahan penugasan, dan permasalahan jaringan. Aplikasi piranti lunak untuk menyelesaikan masalah program linier juga diajarkan dalam mata kuliah ini.

Program Learning Outcomes (PLO) PRODI
PLO 1 - Kemampuan untuk menguasai dan menerapkan pengetahuan matematika, ilmu alam dan/atau ilmu bahan, teknologi informasi, dan rekayasa untuk memperoleh pemahaman komprehensif akan prinsip-prinsip keteknikan di bidang logistik dan rantai pasok.

PLO 4 - Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, dan menerapkan metode juga piranti teknik modern untuk menyelesaikan permasalahan kompleks di bidang logistik dan rantai pasok.

Course Learning Outcomes (CLO)
[PLO 1] CLO 1 - Mampu menjelaskan karakteristik permasalahan dan metode penyelesaian riset operasi yang bersifat linier.

[PLO 4] CLO 2 - Mampu menerapkan metode riset operasi untuk pemecahan contoh kasus dan masalah nyata sederhana pemrograman linier, serta mampu memberikan analisis.

[PLO 4] CLO 3 - Mampu memilih dan menggunakan piranti lunak yang sesuai untuk mencari solusi layak dan optimal dari permasalahan pemrograman linier.


Penilaian Id CLO Bobot per Bentuk Penilaian (%) TOTAL BOBOT PER CLO
Aktivitas Partisipatif Kognitif/Pengetahuan Hasil Proyek
Tugas Kuis dan Post Test UTS UAS Tugas Besar
CLO-1 0 5 5 5 15 30
CLO-2 0 10 20 25 5 60
CLO-3 0 5 0 0 5 10
Total per penilaian 0 20 25 30 25 100


PUSTAKA UTAMA :
1.     Taha, H.A., 2017, Operations Research, An Intoduction, 10th edition, Prentice Hall, New Jersey.
2.     Hillier, F.S., Lieberman, 2015, Introduction to Operations Research, McGraw Hill.

PUSTAKA PENDUKUNG :
1.     Winston W. L., Goldberg, J. B., 2004, Operations Research: Applications and Algorithms, Thomson Brooks/Cole.
Skill Level: Beginner