- Teacher: MAMAN ABDUROHMAN
- Teacher: ERNA SRI SUGESTI
Skill Level: Beginner
- Teacher: ACHMAD RIZAL
Skill Level: Beginner
- Teacher: SOFIA NANING HERTIANA
- Teacher: HEROE WIJANTO
Skill Level: Beginner
- Teacher: ALOYSIUS ADYA PRAMUDITA
- Teacher: MUHAMMAD ARY MURTI
- Teacher: RENDY MUNADI
- Teacher: INUNG WIJAYANTO
Skill Level: Beginner
LMS ini adalah wahana untuk sharing materi, platform Quiz, dan juga wahana diskusi pada MK Operational Research and Optimization Theory pada program S3 Teknik Elektro, TelU
- Teacher: JANGKUNG RAHARJO
- Teacher: KOREDIANTO USMAN
Skill Level: Beginner
Kuliah ini mengkaji kasus masalah lokal, regional serta global yang disolusikan dengan mempertimbangkan faktor-faktor pembangunan keberlanjutan dengan melibatkan teknologi mobile dan kecerdasan. Dari 17 goals SDG's yang dinyatakan UNESCO, mata kuliah ini membahas beberapa goals yang relevan.
Perlu mengenal istilah: PLO dan CLO.
Program Learning Outcome (PLO) adalah pernyataan yang menggambarkan keterampilan, pengetahuan, sikap, dan kompetensi yang diharapkan dicapai oleh mahasiswa setelah menyelesaikan suatu program studi atau pendidikan. PLO menetapkan hasil pembelajaran yang spesifik dan terukur yang akan dimiliki oleh lulusan program tersebut.
Course Learning Outcomes (CLO) adalah pernyataan yang menggambarkan keterampilan, pengetahuan, sikap, dan kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh mahasiswa setelah menyelesaikan suatu mata kuliah. CLO berfungsi sebagai panduan dalam proses pembelajaran dan penilaian untuk suatu mata kuliah spesifik, memastikan bahwa hasil pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai.
Dari 9 PLO di Program Studi S3 Teknik Elektro, mata kuliah ini merupakan perwujudan dari PLO-1 dan PLO-8 serta memiliki 4 CLO. Masing-masing PLO dijabarkan dalam 2 CLO, PLO-1 terdiri dari CLO-1 dan CLO-2, sedangkan PLO-8 terdiri dari CLO-3 dan CLO-4. Rincian PLO dan CLO seperti berikut ini.
PLO-1: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan: memiliki moral, etika (baik umum ataupun akademik) dan kepribadian yang bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas berdasarkan keahliannya secara mandiri; menghargai keanekaragaman agama, budaya, serta pendapat dan temuan orisinal orang lain; serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa, negara serta masyarakat luas.
PLO-8: Mampu merumuskan isu terkini serta menyusun peta jalan penelitian dalam bidang penelitian yang ditekuni dengan fokus pada bidang mobile and intelligent technologies for sustainable development.
CLO-1: Mahasiswa mampu memahami konsep 17 aspek SDGs dan 5 pilar SDGs, dan memetakan masalah kontemporer yang sedang dan diprediksi akan terjadi berbasis sains da teknologi.
CLO-2: Mahasiswa mampu merelasikan topik riset yang dirintis dengan aspek 17 goals SDGs dan 5 pilar SDGs.
CLO-3: Mahasiswa mampu menyusun narasi rencana riset beserta tahapan implementasinya yang berbasis dalam mobile and intelligent technologies for sustainable development dalam bahasa populer.
CLO-4: Mahasiswa mampu mempublikasikan naskah rencana riset dalam bahasa populer ke media massa dan mempresentasikan dalam forum terbatas
Aktifitas mata kuliah ini mengutamakan diskusi tentang SDG's yang disampaikan oleh para pakar di bidangnya, minor tutorial, mengkaji dan merelasikan SDG's dengan bidang riset mahasiswa. Luarannya adalah membuat materi publikasi tentang bakal riset dalam format bahasa populer dan media publikasinya adalah media massa konvensional mau pun digital.
Referensi:
[1] IATT, Guidebook for the preparation of Science, Technology and Innovation (STI) for SDGs Roadmaps, United Nations, September 2020.
[2] United Nation summit, Transforming our world: the 2030 Agenda for Sustainable Development, General Assemby A/RES/70/1, United Nations, 2015.
[3] Bapenas, Roadmap of SDGs Indonesia: A Highlite, Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional, 2019.
FAO Regional Office for Asia and the Pacific, Sustainable Development Goals: 17 Goals to Transform Our World, FAO of UN.
[4] UNESCO Education Sector, Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives, UNESCO, 2017
Perlu mengenal istilah: PLO dan CLO.
Program Learning Outcome (PLO) adalah pernyataan yang menggambarkan keterampilan, pengetahuan, sikap, dan kompetensi yang diharapkan dicapai oleh mahasiswa setelah menyelesaikan suatu program studi atau pendidikan. PLO menetapkan hasil pembelajaran yang spesifik dan terukur yang akan dimiliki oleh lulusan program tersebut.
Course Learning Outcomes (CLO) adalah pernyataan yang menggambarkan keterampilan, pengetahuan, sikap, dan kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh mahasiswa setelah menyelesaikan suatu mata kuliah. CLO berfungsi sebagai panduan dalam proses pembelajaran dan penilaian untuk suatu mata kuliah spesifik, memastikan bahwa hasil pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai.
Dari 9 PLO di Program Studi S3 Teknik Elektro, mata kuliah ini merupakan perwujudan dari PLO-1 dan PLO-8 serta memiliki 4 CLO. Masing-masing PLO dijabarkan dalam 2 CLO, PLO-1 terdiri dari CLO-1 dan CLO-2, sedangkan PLO-8 terdiri dari CLO-3 dan CLO-4. Rincian PLO dan CLO seperti berikut ini.
PLO-1: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan: memiliki moral, etika (baik umum ataupun akademik) dan kepribadian yang bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas berdasarkan keahliannya secara mandiri; menghargai keanekaragaman agama, budaya, serta pendapat dan temuan orisinal orang lain; serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa, negara serta masyarakat luas.
PLO-8: Mampu merumuskan isu terkini serta menyusun peta jalan penelitian dalam bidang penelitian yang ditekuni dengan fokus pada bidang mobile and intelligent technologies for sustainable development.
CLO-1: Mahasiswa mampu memahami konsep 17 aspek SDGs dan 5 pilar SDGs, dan memetakan masalah kontemporer yang sedang dan diprediksi akan terjadi berbasis sains da teknologi.
CLO-2: Mahasiswa mampu merelasikan topik riset yang dirintis dengan aspek 17 goals SDGs dan 5 pilar SDGs.
CLO-3: Mahasiswa mampu menyusun narasi rencana riset beserta tahapan implementasinya yang berbasis dalam mobile and intelligent technologies for sustainable development dalam bahasa populer.
CLO-4: Mahasiswa mampu mempublikasikan naskah rencana riset dalam bahasa populer ke media massa dan mempresentasikan dalam forum terbatas
Aktifitas mata kuliah ini mengutamakan diskusi tentang SDG's yang disampaikan oleh para pakar di bidangnya, minor tutorial, mengkaji dan merelasikan SDG's dengan bidang riset mahasiswa. Luarannya adalah membuat materi publikasi tentang bakal riset dalam format bahasa populer dan media publikasinya adalah media massa konvensional mau pun digital.
Referensi:
[1] IATT, Guidebook for the preparation of Science, Technology and Innovation (STI) for SDGs Roadmaps, United Nations, September 2020.
[2] United Nation summit, Transforming our world: the 2030 Agenda for Sustainable Development, General Assemby A/RES/70/1, United Nations, 2015.
[3] Bapenas, Roadmap of SDGs Indonesia: A Highlite, Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional, 2019.
FAO Regional Office for Asia and the Pacific, Sustainable Development Goals: 17 Goals to Transform Our World, FAO of UN.
[4] UNESCO Education Sector, Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives, UNESCO, 2017
- Teacher: LEVY OLIVIA NUR
- Teacher: ERNA SRI SUGESTI
Skill Level: Beginner