loader image
Skip to main content
Home

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa landasan teoritis dan praktis etika bisnis serta membekali mereka dengan konsep yang diperlukan untuk menghadapi tantangan etika dalam lingkungan bisnis yang dinamis dan kompleks.

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan landasan etika yang kuat bagi para profesional dan pemimpin bisnis masa depan, memungkinkan mereka untuk menghadapi tantangan etika dengan kebijakan dan tindakan yang sesuai. Mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman yang kokoh tentang etika bisnis dan kemampuan untuk mengintegrasikan etika dalam pengambilan keputusan dan praktik bisnis sehari-hari.

Utama (buku)

  1. Andrew, C., Dirk, M. (2016). Business Ethics: Managing Corporate Citizenship and Sustainability in the Age of Globalization. Oxford University Press.
  2. Badaracco Jr., J.L. (2002). Defining Moments: A Framework for Moral Decision Making. Stanford Graduate School of Business.
  3. Elkington, J. (1998). Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line of 21st Century Business. New Society Publishers.
  4. Elliott, D., Spence, E.H. (2017). Ethics for a Digital Era. Wiley-Blackwell.
  5. Reyman, J., Sparby, E.M. (2020). Digital Ethics: Rhetoric and Responsibility in Online Aggression. New York: Routledge. 

Pendukung (website, artikel jurnal dan laporan riset)

  1. Stückelberger, C., Duggal, P. (Eds.) (2018). Cyber Ethics 4.0: Serving Humanity with Values. Globethics.net.
  2. Deloitte US. (2019). Future of risk in the digital era.
  3. Forbes. (2022). The Role Of Ethics In Modern Digital Business.
  4. The Institute of Business Ethics (IBE). https://www.ibe.org.uk/
  5. The Ethics Centre. https://ethics.org.au/
  6. Ethical Corporation. https://www.reutersevents.com/sustainability/
  7. Markkula Center for Applied Ethics. https://www.scu.edu/ethics/


Skill Level: Beginner