Situs blog

Gambar dari AURELIA MERARI
oleh AURELIA MERARI - Selasa, 22 November 2022, 19:41
Siapa pun di dunia

Sebagai mahasiswa informatika, banyak dari kita yang mengalami ketidakpercayaan diri terhadap skill yang akan/telah kita pelajari di dalam perkuliahan. Salah satu mahasiswa yang tidak percaya diri adalah diri saya sendiri. Sejujurnya saya takut setelah saya lulus, saya sulit mendapatkan pekerjaan karena skill informatics yang minim dicari. Namun, pada webinar kali ini ditampilkan bahwa skill informatics semakin dibutuhkan didunia ini. Webinar ini juga memberikan wawasan tentang skill-skill yang harus kita kembangkan untuk menjadi lebih baik. Kita harus bisa mengatasi sebuah masalah dan membuat keputusan, hal ini dapat diraih dengan beberapa langkah yaitu menganalogis masalah dengan masalah yang mirip, melakukan brainstorming, membagi dan mengatur, mencoba hipotesis, berpikir lateral, membuktikan ketidakmungkinan, dan menganalisis akar penyebab.

Selain hal tersebut, kita juga harus dapat berpikir secara kritis dan kreatif. Berpikir secara kritis berarti individu mampu mengalisis suatu masalah berdasarkan fakta sehingga menemukan keputusan akhir yang efektif. Sedangkan berpikir secara kreatif berarti individu mampu melihat masalah dengan pandangan yang berbeda atau jalan yang berbeda sehingga individu dapat membuat hasil yang berbeda. Dalam proses mengembangkan skill=skill kita, kita juga harus mampu sadar akan diri kita sendiri dan memiliki empati. Ketika kita memahami diri kita sendiri kita akan mampu melihat kekurangan dan kelebihan kita sehingga kita tahu apa yang harus kita perbuat kedepannya. Manusia tanpa empati cenderung kehilangan arah maka dari itu kita juga memerlukan empati karena empati akan membuat kita dapat menghargai barang/ilmu/makhluk hidup.


Kesan : Webinar ini sangat bermanfaat bagi saya karena setelah mengikuti webinar saya semakin tahu skill apa saja yang harus saya kembangkan untuk dapat menjadi lebih baik.

Pesan : Sebaiknya dalam menampilkan video lebih diperhatikan karena suara yang terdengar sering terputus-putus ketika webinar berlangsung.

Komentar

     
    Gambar dari KIRANA OCTAVIANA PUTRI
    oleh KIRANA OCTAVIANA PUTRI - Selasa, 22 November 2022, 19:38
    Siapa pun di dunia

    "Mengasah Critical life skill"

    A.Problem-olving and Desicion- Making

    1. Analogy : Menyesuaikan solusi dengan masalah sebelumnya yang memiliki fitur atau mekanisme serupa

    2. Brainstroming : (terutama diantara kelompok orang) menyarankan sejumlah besar  solusi atau ide dan menggabungkan dan mengembangkannya hingga solusi optimal ditemukan.

    3. Divide and Conqure : Memecahkan masalah besar dan kompleks menjadi masalah yang lebih kecil dan dapat dipecahkan 

    4. Hypotesis Testing : Asumsi yang mungkin untuk masalah dan mencoba untuk membuktikan (atau dalam beberapa konteks,menyangkal)  asumsi.

    5. Lateral Testing : Mendekati  solusi secara tidak langsung dan kreatif.

    6. Proof of imposibility

    7. Root cause analysis


    B. Lateral thinking

    What-When

    a. tidak ada best pratice ,belum ada solusinya atau terlalu complex.

    b. tidak selalu soal linear thinking, kita bisa memanfaatkan problem.


    How

    a. jika kita tidak bisa menghilangkannya, kita gunakan saja.

    b. hal kreatif apa yang bisa kita lakukan terhadap problem itu

    c. Critical Thinking and creative

    d. Communication and initerpersonal skills

    Challenge to improve communication & interpersonal skills - talk to strangers

    f. Self - awareness and Empathy.


    Nama : Kirana octaviana putri 

    Kelas : If4605

    Nim : 1301223247

    [ Mengubah: Selasa, 22 November 2022, 19:38 ]

    Komentar

       
      Gambar dari M DAFFA RAYGAMA
      oleh M DAFFA RAYGAMA - Selasa, 22 November 2022, 19:31
      Siapa pun di dunia

      Resume Pendidikan Karakter Sharing Alumni

      Mengasah Critical Life Skill

      Top 10 Emerging Jobs in 2022

      1. Data Analysts and Scientists
      2. AI and Machine Learning specialists
      3. General and operations managers
      4. Software and applications developers and analysts
      5. Sales and Marketing Professionals
      6. Big Data Specialist
      7. Digital Transformation Specialists
      8. New Technology Specialists
      9. Organisational Development Specialists
      10. Information Technology Services

      Sebagai mahasiswa Informatika, kita harus memanfaatkan kesempatan dalam emerging jobs dan mengasah skill - skill yang diperlukan untuk meraih kesempatan itu, dengan top 10 skillnya pada tahun 2020 sebagai berikut.

      1. Complex Problem Solving
      2. Critical Thinking
      3. Creativity
      4. People Management
      5. Coordinating with Others
      6. Emotional Intelligence 
      7. Judgment and Decision Making
      8. Service Orientation
      9. Negotiation
      10. Cognitive Flexibility

      Selain skill - skill tersebut, ada juga skill yang sangat penting didapatkan bagi kita mahasiswa Informatika yang disebut sebagai 

      Critical Life Skill 

      bandicam%202022-11-19%2009-25-12-707.jpg

      1.  Problem Solving And Decision Making

      • Analogy:  Mengadaptasi sebuah solusi dari permasalahan sebelumnya yang mempunyai fitur atau mekanisme yang mirip.
      • Brainstorming: Mensugesti, khususnya pada sejumlah orang, banyak solusi atau ide dan menyatukan dan mengembangkannya sampai menjadi solusi yang optimal.
      • Divide and conquer:  Memecahkan masalah yang besar dan kompleks menjadi masalah yang lebih kecil yang bisa diselesaikan.
      • Hypothesis testing: Mengasumsikan penjelasan yang mungkin terhadap suatu permasalahan dan mencoba untuk membuktikan asumsi tersebut.
      • Lateral thinking: Menghadapi solusi secara tidak langsung dan kreatif
      • Proof of impossibility: Mencoba untuk membuktikan bahwa masalah tersebut tidak bisa diselesaikan. Poin dimana pembuktian itu gagal akan menjadi poin awal untuk menyelesaikannya.
      • Root cause analysis: Mengidentifikasi penyebab dari suatu masalah.

      2. Creative Thinking and Critical Thinking



      • Critical Thinking

      Kemampuan untuk menganalisa fakta, bukti, observasi, dan argumen dalam bentuk keputusuan.

      • Creative Thinking

      Kemampuan untuk melihat hal dalam pandangan berbeda, dan menemukan jalan baru untuk memecahkan suatu masalah.

      3. Communcation and Interpersonal Skills

      •  Communication Skills

      Kemampuan untuk memberi, menerima, dan memproses informasi. Itu adalah sifat yang bisa membuat kita untuk meminta permintaan, menanyakan pertanyaan, memahami instruksi, memberi arah dan informasi dengan jelas dan ringkas.

      • Interpersonal Skills

      Kemampuan untuk menangani konflik, kerjasama, empati, mendengar dan bersikap positif. Menjadi fleksibel dan positif, bisa mendengar dan komunikasi dengan baik termasuk komunikasi verbal dan nonverbal.

      4. Self Awareness and Empathy


      • Self-awareness

      Kemampuan untuk fokus pada diri sendiri dan bagaimana aksi, pikiran, atau emosi kita selaras atau tidak dengan standar diri. Jika kita memiliki kesadaran diri tinggi, kita bisa mengevaluasi diri secara objektif, mengatur emosi kita, dan melaraskan aksi kita dengan nilai diri dan memahami dengan benar bagaimana orang lain melihat kita.

      • Empathy

      Kemampuan untuk memahami apa yang orang lain rasakan, dan empati sangatlah penting pada kecerdasan emosional kita.


      Komentar

         
        Gambar dari MOHAMMAD NAUFAL WIDI PRATAMA
        oleh MOHAMMAD NAUFAL WIDI PRATAMA - Selasa, 22 November 2022, 19:24
        Siapa pun di dunia

        Resume Pendidikan Karakter Sharing Alumni

        I'm Tamam

        Mengasah Critical Life Skill

        The Jobs Landscape in 2022


        Top 10 Emerging

        1. Data Analysts and Scientists

        2. AI and Machine Learning specialists

        3. General and oprations managers

        4. Software and applications developers and analysts

        5. Sales and Marketing Professionals

        6. Big Data Specialist

        7. Digital Transformation Specialists

        8. New Technology Specialists

        9. Organisational Development Specialists

        10. Information Technology Services


        TOP 10 SKILLS

        in 2020

        1.Complex Problem Solving

        2.Critical Thinking

        3.Creativity

        4.People Management

        5.Coordinating with Others

        6.Emotional Intelligence 

        7.Judgment and Decision Making

        8.Service Orientation

        9.Negotiation

        10.Cognitive Flexibility


        in 2015

        1.Complex Problem Solving

        2.Coordinating with Others

        3.People Management 

        4.Critical Thinking

        5.Negotiation

        6.Quality Control

        7.Service Orientation

        8.Judgment and Decision Making 

        9.Active Listening

        10.Creativity


        Critical Life Skill

        1.PROBLEM-SOLVING AND DECISION-MAKING

        2.CREATIVE THINKING AND CRITICAL THINKING

        3.COMMUNICATION AND INTERPERSONAL SKILL

        4.SELF-AWARENESS AND EMPATHY


        Problem Solving And Decision Making

        Analogy: adapting the solution to a previous problem which has similar features or mechanisms

        Brainstorming: (especially among groups of people) suggesting a large number of solutions or ideas and combining and developing them until an optimum solution is found

        Divide and conquer breaking down a large, complex problem into smaller, solvable problems

        Hypothesis testing: assuming a possible explanation to the problem and trying to prove (or,

        in some contexts, disprove) the assumption 

        Lateral thinking: approaching solutions indirectly and creatively

        Proof of impossibility: try to prove that the problem cannot be solved. The point where the proof fails will be the starting point for solving it

        Root cause analysis: identifying the cause of a problem


        Critical Thinking and Creative Thinking

        Critical Thinking

        The ability to analyze available facts, evidence, observations, and arguments to form a judgement.

        Creative Thinking

        the ability to look at things differently find new ways of solving problems, tr out of the box.

        Communicational and Interpersonal Skills

        Communications skills

        the ability to pass, receive and process information. They are the traits that allow you to make requests, ask questions, 

        understand instructions, give direction and relay information with clarity and conciseness

        Interpersonal skills

        the ability to handle conflict, teamwo empathy, listening, and a positive att Being flexible and positive, able to list 

        communicating well include verbal c nonverbal communication

        Communication & Interpersonal Skills Examples

        Friendliness and empathy

        Active listening

        Giving & accepting constructive feedbac

        Public speaking

        Reflection

        Being open minded

        Written communication

        Trustworthiness

        Digital communication

        Confidence

        Clarity

        Active questioning

        Nonverbal communication

        Responsiveness


        Self-Awareness and Empathy

        Self-awareness

        the ability to focus on yourself and how your actions, thoughts, or emotions do or don't ali with your internal standards

        If you're highly self-aware, you can objectivel evaluate yourself, manage your emotions, align your behavior with your values, and understand correctly how others perceive yo


        Empathy

        the ability to understand how others are feeling, and it is absolutely critical to emotional intelligence

        become more aware of the feelings and emotions of other people and involves responses to people based on this information

        Komentar

           
          Gambar dari MUH. AGUNG GUSTIANSYAH
          oleh MUH. AGUNG GUSTIANSYAH - Selasa, 22 November 2022, 18:23
          Siapa pun di dunia

          Mengasah Critical Life Skill

          The Jobs Landscape in 2022

          Top 10 Emerging

          1. Data Analysts and Scientists

          2. AI and Machine Learning specialists

          3. General and oprations managers

          4. Software and applications developers and analysts

          5. Sales and Marketing Professionals

          6. Big Data Specialist

          7. Digital Transformation Specialists

          8. New Technology Specialists

          9. Organisational Development Specialists

          10. Information Technology Services


          TOP 10 SKILLS 

          in 2020

          1.Complex Problem Solving

          2.Critical Thinking

          3.Creativity

          4.People Management

          5.Coordinating with Others

          6.Emotional Intelligence 

          7.Judgment and Decision Making

          8.Service Orientation

          9.Negotiation

          10.Cognitive Flexibility


          in 2015

          1.Complex Problem Solving

          2.Coordinating with Others

          3.People Management 

          4.Critical Thinking

          5.Negotiation

          6.Quality Control

          7.Service Orientation

          8.Judgment and Decision Making 

          9.Active Listening

          10.Creativity


          Critical Life Skill

          1.PROBLEM-SOLVING AND DECISION-MAKING

          2.CREATIVE THINKING AND CRITICAL THINKING

          3.COMMUNICATION AND INTERPERSONAL SKILL

          4.SELF-AWARENESS AND EMPATHY


          Problem Solving And Decision Making

          Analogy: adapting the solution to a previous problem which has similar features or mechanisms

          Brainstorming: (especially among groups of people) suggesting a large number of solutions or ideas and combining and developing them until an optimum solution is found

          Divide and conquer breaking down a large, complex problem into smaller, solvable problems

          Hypothesis testing: assuming a possible explanation to the problem and trying to prove (or,

          in some contexts, disprove) the assumption 

          Lateral thinking: approaching solutions indirectly and creatively

          Proof of impossibility: try to prove that the problem cannot be solved. The point where the proof fails will be the starting point for solving it

          Root cause analysis: identifying the cause of a problem


          Critical Thinking and Creative Thinking

          Critical Thinking

          The ability to analyze available facts, evidence, observations, and arguments to form a judgement.

          Creative Thinking

          the ability to look at things differently find new ways of solving problems, tr out of the box.


          Communicational and Interpersonal Skills

          Communications skills

          the ability to pass, receive and process information. They are the traits that allow you to make requests, ask questions, 

          understand instructions, give direction and relay information with clarity and conciseness

          Interpersonal skills

          the ability to handle conflict, teamwo empathy, listening, and a positive att Being flexible and positive, able to list 

          communicating well include verbal c nonverbal communication


          Communication & Interpersonal Skills Examples

          Friendliness and empathy

          Active listening

          Giving & accepting constructive feedbac

          Public speaking

          Reflection

          Being open minded

          Written communication

          Trustworthiness

          Digital communication

          Confidence

          Clarity

          Active questioning

          Nonverbal communication

          Responsiveness


          Self-Awareness and Empathy

          Self-awareness

          the ability to focus on yourself and how your actions, thoughts, or emotions do or don't ali with your internal standards.

          If you're highly self-aware, you can objectivel evaluate yourself, manage your emotions, align your behavior with your values, and understand correctly how others perceive yo


          Empathy

          the ability to understand how others are feeling, and it is absolutely critical to emotional intelligence become more aware of the feelings and emotions of other people and involves responses to people based on this information

          Komentar

             
            Gambar dari DAFFA PRIMA PUTRA
            oleh DAFFA PRIMA PUTRA - Selasa, 22 November 2022, 18:18
            Siapa pun di dunia

            Resume Pendidikan Karakter Sharing Alumni

            I'm Tamam

            Mengasah Critical Life Skill

            The Jobs Landscape in 2022


            Top 10 Emerging

            1. Data Analysts and Scientists

            2. AI and Machine Learning specialists

            3. General and oprations managers

            4. Software and applications developers and analysts

            5. Sales and Marketing Professionals

            6. Big Data Specialist

            7. Digital Transformation Specialists

            8. New Technology Specialists

            9. Organisational Development Specialists

            10. Information Technology Services


            TOP 10 SKILLS

            in 2020

            1.Complex Problem Solving

            2.Critical Thinking

            3.Creativity

            4.People Management

            5.Coordinating with Others

            6.Emotional Intelligence 

            7.Judgment and Decision Making

            8.Service Orientation

            9.Negotiation

            10.Cognitive Flexibility


            in 2015

            1.Complex Problem Solving

            2.Coordinating with Others

            3.People Management 

            4.Critical Thinking

            5.Negotiation

            6.Quality Control

            7.Service Orientation

            8.Judgment and Decision Making 

            9.Active Listening

            10.Creativity


            Critical Life Skill

            1.PROBLEM-SOLVING AND DECISION-MAKING

            2.CREATIVE THINKING AND CRITICAL THINKING

            3.COMMUNICATION AND INTERPERSONAL SKILL

            4.SELF-AWARENESS AND EMPATHY

            Problem Solving And Decision Making


            Analogy: adapting the solution to a previous problem which has similar features or mechanisms

            Brainstorming: (especially among groups of people) suggesting a large number of solutions or ideas and combining and developing them until an optimum solution is found

            Divide and conquer breaking down a large, complex problem into smaller, solvable problems

            Hypothesis testing: assuming a possible explanation to the problem and trying to prove (or,

            in some contexts, disprove) the assumption 

            Lateral thinking: approaching solutions indirectly and creatively

            Proof of impossibility: try to prove that the problem cannot be solved. The point where the proof fails will be the starting point for solving it

            Root cause analysis: identifying the cause of a problem


            Critical Thinking and Creative Thinking


            Critical Thinking

            The ability to analyze available facts, evidence, observations, and arguments to form a judgement.


            Creative Thinking

            the ability to look at things differently find new ways of solving problems, tr out of the box.


            Communicational and Interpersonal Skills


            Communications skills

            the ability to pass, receive and process information. They are the traits that allow you to make requests, ask questions, 

            understand instructions, give direction and relay information with clarity and conciseness


            Interpersonal skills

            the ability to handle conflict, teamwo empathy, listening, and a positive att Being flexible and positive, able to list 

            communicating well include verbal c nonverbal communication


            Communication & Interpersonal Skills Examples


            Friendliness and empathy

            Active listening

            Giving & accepting constructive feedbac

            Public speaking

            Reflection

            Being open minded

            Written communication

            Trustworthiness

            Digital communication

            Confidence

            Clarity

            Active questioning

            Nonverbal communication

            Responsiveness

            Self-Awareness and Empathy

            Self-awareness

            the ability to focus on yourself and how your actions, thoughts, or emotions do or don't ali with your internal standards

            If you're highly self-aware, you can objectivel evaluate yourself, manage your emotions, align your behavior with your values, and understand correctly how others perceive yo

            Empathy

            the ability to understand how others are feeling, and it is absolutely critical to emotional intelligence

            become more aware of the feelings and emotions of other people and involves responses to people based on this information

            Komentar

               
              Gambar dari MUHAMMAD FARIED GUNAWAN
              oleh MUHAMMAD FARIED GUNAWAN - Selasa, 22 November 2022, 17:10
              Siapa pun di dunia

              Resume Pendidikan Karakter Sharing Alumni


              I'm Tamam

              Mengasah Critical Life Skill

              The Jobs Landscape in 2022

              Top 10 Emerging

              1. Data Analysts and Scientists

              2. AI and Machine Learning specialists

              3. General and oprations managers

              4. Software and applications developers and analysts

              5. Sales and Marketing Professionals

              6. Big Data Specialist

              7. Digital Transformation Specialists

              8. New Technology Specialists

              9. Organisational Development Specialists

              10. Information Technology Services


              TOP 10 SKILLS

              in 2020

              1.Complex Problem Solving

              2.Critical Thinking

              3.Creativity

              4.People Management

              5.Coordinating with Others

              6.Emotional Intelligence 

              7.Judgment and Decision Making

              8.Service Orientation

              9.Negotiation

              10.Cognitive Flexibility


              in 2015

              1.Complex Problem Solving

              2.Coordinating with Others

              3.People Management 

              4.Critical Thinking

              5.Negotiation

              6.Quality Control

              7.Service Orientation

              8.Judgment and Decision Making 

              9.Active Listening

              10.Creativity


              Critical Life Skill

              1.PROBLEM-SOLVING AND DECISION-MAKING

              2.CREATIVE THINKING AND CRITICAL THINKING

              3.COMMUNICATION AND INTERPERSONAL SKILL

              4.SELF-AWARENESS AND EMPATHY


              Problem Solving And Decision Making


              Analogy: adapting the solution to a previous problem which has similar features or mechanisms

              Brainstorming: (especially among groups of people) suggesting a large number of solutions or ideas and combining and developing them until an optimum solution is found

              Divide and conquer breaking down a large, complex problem into smaller, solvable problems

              Hypothesis testing: assuming a possible explanation to the problem and trying to prove (or,

              in some contexts, disprove) the assumption 

              Lateral thinking: approaching solutions indirectly and creatively

              Proof of impossibility: try to prove that the problem cannot be solved. The point where the proof fails will be the starting point for solving it

              Root cause analysis: identifying the cause of a problem


              Critical Thinking and Creative Thinking


              Critical Thinking

              The ability to analyze available facts, evidence, observations, and arguments to form a judgement.


              Creative Thinking

              the ability to look at things differently find new ways of solving problems, tr out of the box.


              Communicational and Interpersonal Skills


              Communications skills

              the ability to pass, receive and process information. They are the traits that allow you to make requests, ask questions, understand instructions, give direction and relay information with clarity and conciseness


              Interpersonal skills

              the ability to handle conflict, teamwo empathy, listening, and a positive att Being flexible and positive, able to list 

              communicating well include verbal c nonverbal communication


              Communication & Interpersonal Skills Examples


              Friendliness and empathy

              Active listening

              Giving & accepting constructive feedbac

              Public speaking

              Reflection

              Being open minded

              Written communication

              Trustworthiness

              Digital communication

              Confidence

              Clarity

              Active questioning

              Nonverbal communication

              Responsiveness


              Self-Awareness and Empathy


              Self-awareness

              the ability to focus on yourself and how your actions, thoughts, or emotions do or don't ali with your internal standards


              If you're highly self-aware, you can objectivel evaluate yourself, manage your emotions, align your behavior with your values, and understand correctly how others perceive yo


              Empathy


              the ability to understand how others are feeling, and it is absolutely critical to emotional intelligence

              become more aware of the feelings and emotions of other people and involves responses to people based on this information


              Komentar

                 
                Gambar dari HELLEN ALLYSA PUTRI
                oleh HELLEN ALLYSA PUTRI - Selasa, 22 November 2022, 15:44
                Siapa pun di dunia

                Hellen Allysa Putri 

                1301223067

                IF-46-05

                Resume Pendidikan Karakter Sharing Alumni


                INarasumber : Tamam


                Mengasah Critical Life Skill

                The Jobs Landscape in 2022

                Top 10 Emerging

                1. Data Analysts and Scientists

                2. AI and Machine Learning specialists

                3. General and oprations managers

                4. Software and applications developers and analysts

                5. Sales and Marketing Professionals

                6. Big Data Specialist

                7. Digital Transformation Specialists

                8. New Technology Specialists

                9. Organisational Development Specialists

                10. Information Technology Services


                TOP 10 SKILLS

                in 2020

                1.Complex Problem Solving

                2.Critical Thinking

                3.Creativity

                4.People Management

                5.Coordinating with Others

                6.Emotional Intelligence 

                7.Judgment and Decision Making

                8.Service Orientation

                9.Negotiation

                10.Cognitive Flexibility


                in 2015

                1.Complex Problem Solving

                2.Coordinating with Others

                3.People Management 

                4.Critical Thinking

                5.Negotiation

                6.Quality Control

                7.Service Orientation

                8.Judgment and Decision Making 

                9.Active Listening

                10.Creativity


                Critical Life Skill

                1.PROBLEM-SOLVING AND DECISION-MAKING

                2.CREATIVE THINKING AND CRITICAL THINKING

                3.COMMUNICATION AND INTERPERSONAL SKILL

                4.SELF-AWARENESS AND EMPATHY


                Problem Solving And Decision Making

                Analogi: menyesuaikan solusi dengan masalah sebelumnya yang memiliki fitur atau mekanisme serupa

                Brainstorming: (terutama di antara kelompok orang) menyarankan sejumlah besar solusi atau ide dan menggabungkan serta mengembangkannya hingga solusi optimal ditemukan

                Bagi dan taklukkan pemecahan masalah yang besar dan kompleks menjadi masalah yang lebih kecil dan dapat dipecahkan

                Pengujian hipotesis: mengasumsikan penjelasan yang mungkin untuk masalah dan mencoba membuktikan (atau,

                dalam beberapa konteks, menyangkal) asumsi tersebut

                Berpikir lateral: mendekati solusi secara tidak langsung dan kreatif

                Bukti ketidakmungkinan: coba buktikan bahwa masalah tidak dapat diselesaikan. Titik di mana pembuktian gagal akan menjadi titik awal untuk menyelesaikannya

                Analisis akar penyebab: mengidentifikasi penyebab masalah


                Critical Thinking and Creative Thinking

                Critical Thinking

                Kemampuan untuk menganalisis fakta, bukti, pengamatan, dan argumen yang tersedia untuk membentuk penilaian

                Creative Thinking

                kemampuan untuk melihat berbagai hal secara berbeda menemukan cara baru untuk memecahkan masalah, keluar dari kebiasaan.

                Interpersonal skills

                kemampuan untuk menangani konflik, empati tim, mendengarkan, dan sikap positif Menjadi fleksibel dan positif, mampu membuat daftarberkomunikasi dengan baik termasuk komunikasi verbal c nonverbal


                Communication & Interpersonal Skills Examples

                Friendliness and empathy

                Active listening

                Giving & accepting constructive feedbac

                Public speaking

                Reflection

                Being open minded

                Written communication

                Trustworthiness

                Digital communication

                Confidence

                Clarity

                Active questioning

                Nonverbal communication

                Responsiveness


                Self-Awareness and Empathy

                Self-awareness

                kemampuan untuk fokus pada diri sendiri dan bagaimana tindakan, pikiran, atau emosi Anda sejalan atau tidak sejalan dengan standar internal Anda

                Jika Anda sangat sadar diri, Anda dapat mengevaluasi diri Anda secara objektif, mengelola emosi Anda, menyelaraskan perilaku Anda dengan nilai-nilai Anda, dan memahami dengan benar bagaimana orang lain memandang Anda.

                Empathy

                kemampuan untuk memahami perasaan orang lain, dan itu sangat penting untuk kecerdasan emosional

                menjadi lebih sadar akan perasaan dan emosi orang lain dan melibatkan tanggapan terhadap orang berdasarkan informasi ini

                Komentar

                   
                  Gambar dari TAUFIK ADI WARDANA
                  oleh TAUFIK ADI WARDANA - Selasa, 22 November 2022, 15:22
                  Siapa pun di dunia

                  Mengasah Critical Life Skill

                  The Jobs Landscape in 2022

                  Top 10 Emerging

                  1. Data Analysts and Scientists
                  2. AI and Machine Learning specialists
                  3. General and oprations managers
                  4. Software and applications developers and analysts
                  5. Sales and Marketing Professionals
                  6. Big Data Specialist
                  7. Digital Transformation Specialists
                  8. New Technology Specialists
                  9. Organisational Development Specialists
                  10. Information Technology Services


                  TOP 10 SKILLS in 2020

                  1. Complex Problem Solving
                  2. Critical Thinking
                  3. Creativity
                  4. People Management
                  5. Coordinating with Others
                  6. Emotional Intelligence 
                  7. Judgment and Decision Making
                  8. Service Orientation
                  9. Negotiation
                  10. Cognitive Flexibility

                  TOP 10 SKILLS in 2015

                  1. Complex Problem Solving
                  2. Coordinating with Others
                  3. People Management 
                  4. Critical Thinking
                  5. Negotiation
                  6. Quality Control
                  7. Service Orientation
                  8. Judgment and Decision Making 
                  9. Active Listening
                  10. Creativity

                  Critical Life Skill

                  1. PROBLEM-SOLVING AND DECISION-MAKING
                  2. CREATIVE THINKING AND CRITICAL THINKING
                  3. COMMUNICATION AND INTERPERSONAL SKILL
                  4. SELF-AWARENESS AND EMPATHY

                  Problem Solving And Decision Making

                  • Analogy: adapting the solution to a previous problem which has similar features or mechanisms
                  • Brainstorming: (especially among groups of people) suggesting a large number of solutions or ideas and combining and developing them until an optimum solution is found
                  • Divide and conquer breaking down a large, complex problem into smaller, solvable problems
                  • Hypothesis testing: assuming a possible explanation to the problem and trying to prove (or, in some contexts, disprove) the assumption 

                  Lateral thinking: approaching solutions indirectly and creatively

                  Proof of impossibility: try to prove that the problem cannot be solved. The point where the proof fails will be the starting point for solving it

                  Root cause analysis: identifying the cause of a problem

                  Critical Thinking and Creative Thinking

                  • Critical Thinking

                  The ability to analyze available facts, evidence, observations, and arguments to form a judgement.

                  • Creative Thinking

                  the ability to look at things differently find new ways of solving problems, tr out of the box.

                  Communicational and Interpersonal Skills

                  • Communications skills

                  the ability to pass, receive and process information. They are the traits that allow you to make requests, ask questions, understand instructions, give direction and relay information with clarity and conciseness

                  • Interpersonal skills

                  the ability to handle conflict, teamwo empathy, listening, and a positive att Being flexible and positive, able to list communicating well include verbal c nonverbal communication

                  Communication & Interpersonal Skills Examples

                  1. Friendliness and empathy
                  2. Active listening
                  3. Giving & accepting constructive feedbac
                  4. Public speaking
                  5. Reflection
                  6. Being open minded
                  7. Written communication
                  8. Trustworthiness
                  9. Digital communication
                  10. Confidence
                  11. Clarity
                  12. Active questioning
                  13. Nonverbal communication
                  14. Responsiveness

                  Self-Awareness and Empathy

                  • Self-awareness

                  the ability to focus on yourself and how your actions, thoughts, or emotions do or don't ali with your internal standards If you're highly self-aware, you can objectivel evaluate yourself, manage your emotions, align your behavior with your values, and understand correctly how others perceive yo

                  • Empathy

                  the ability to understand how others are feeling, and it is absolutely critical to emotional intelligence become more aware of the feelings and emotions of other people and involves responses to people based on this information

                  Komentar

                     
                    Siapa pun di dunia

                    Webinar minggu ke-8 ini membahas tentang "Bagaimana Cara Mengasah Critical Skill" 

                    Yang dibawakan oleh seorang alumni yaitu Bapak Tamami Efendi, dimana beliau berkerja sebagai Manajer di perusahaan Telkomsel 

                    Menurut narasumber, terdapat beberapa skil yang harus dikuasai di tahun 2020 yaitu


                    1. Complex Problem Solving
                    2. Critical Thinking
                    3. Creativity
                    4. People Management
                    5. Coodinating with Others
                    6. Emotional Intellegence
                    7. Judgment and Decision Making
                    8. Service Orientation
                    9. Bargaining
                    10. Cognitive Flexibility

                    Critical Life Skill : 

                    Merupakan sebuah skill yang diperlukan dalam kehidupan kita di zaman sekarang.



                    1. Problem Solving and Decision Making  

                    Mengapa Problem solving dan decision making merupakan skill yang penting di masa depan ?

                    karena dua hal di atas tidak sekedar memecahkan masalah ataupun membuat suatu keputusan, problem solving secara tidak langsung merupakan pola pikir yang positif dan juga dapat menjadi suatu pemecah masalah. Secara tidak langsung problem solving dan decision making tidak hanya digunakan dalam permasalahan yang ada di lingkungan kerja, ataupun kuliah tetapi, dapat mengontrol kehidupan kita agar lebih baik.

                    Sebelum melanjutkan ke materi berikutnya, di bawah ini terdapat beberapa bagian atau isi yang ada di dalam problem solving itu sendiri. Berikut penjelasannya : 

                    1. Analogy : Adaptasi solusi dari permasalahn sebelum yang dimana memiliki fitur atau mekanisme yang mirip
                    2. Brainstorming : Menyediakan solusi ataupun ide dengan jumlah yang banyak lalu menyatukan serta mengembangkannya sampai solusi yang optimal ditemukan
                    3. Divide and Conquer : Memecah masalah yang rumit menjadi mengecil, sehingga dapat menjadi masalah yang dapat diselesaikan
                    4. Hypothesis testing : Mengasumsikan penjelasan yang mungkin terhadap masalah dan berusaha membuktikan asumsi tersebut
                    5. Lateral Thinking : Mendekati solusi secara tidak langsung dan kreatif  
                    6. Proof of impossibility : Berusaha membuktikan jika masalah tidak dapat diselesaikan. Poin dimana pembuktian gagal akan menjadi poin awal untul menyelesaikannya
                    7. Root cause analysis: Mengidentifikasi penyebab terjadinya masalah

                    2. Creative Thinking and Critical Thinking  

                    Berpikir secara kreatif dan kritis juga merupakan skill yang penting di masa sekarang, dengan adanya creative thinking kita bisa menemukan suatu cara yang kreatif dan baru, sedangkan dengan critical thinking kita bisa memahami sesuatu secara logika dan metuskan mana yang paling tepat, keduanya juga bisa saling berkesinambungan. Contoh dari Creative thinking : merancang sebuah desain, menemukan alat baru untuk penyakit kanker, cara memotong pengeluaran listrik yang berlebihan. Contoh dari Crtitical thinking : Mengambil keputusan secara matang, mengamati masalah dan responsif.

                    Dibawah ini merupakan pengertian secara general :

                    a) Creative Thinking -> Sebuah kemampuan untuk melihat sesuatu secara berbeda, dan menemukan cara baru untuk menyelesaikan masalah, berpikir diluar dari kotak/kebiasaan.

                    b) Critical Thinking -> Sebuah kemampuan untuk menganalisa fakta, bukti, observasi dan argumen untuk menilai sesuatu.

                    3. Communication dan Interpersonal Skills 

                    Skill lainnya yang perlu di kuasai yaitu skill komunikasi dan keterampilan sosial, mengapa ? Karena tanpa adanya komunikasi yang baik dan interaksi yang baik juga, maka permasalahan bersama yang perlu diselesaikan tidak bisa diselesaikan dengan baik,  dan bisa terjadi kesalah pahaman, oleh karena itu berinteraksi dan berkomunikasi merupakan hal yang penting, dan tentunya agar kita bisa melakukannya secara lancar, kita perlu melatih skill ini.

                    Berikut pengertiannya secara general :

                    a) Communication skills -> Sebuah kemampuan untuk memberi, menerima dan memproses informasi. Itu semua merupakan sifat-sifat yang akan membuat kita untuk membuat permintaan, meminbuat pertanyaan, mengerti perintah, dan memberi petunjuk dan informasi terkait dengan jelas dan ringkas

                    b) Interpersonal Skills -> Sebuah kemampuan untuk menangani konflik, bekerja sama, empati, mendengarkan, dan bersikap positif. Menjadi fleksibel dan positif, bisa menjadi pendengar, dan berkomunikasi dengan baik meliputi komunikasi secara verbal dan nonverbal.

                    Contoh - contoh lainnya 


                    4. Self Awareness and Empathy 

                    Skill terakhir yang perlu dikuasai yaitu kesadaran diri dan empati, dengan kesadaran diri kita bisa memahami diri kita lebih baik, bagaimana karakter kita, sifat emosi atau perasaan yang ada dan juga cara kita beradaptasi dengan lingkungan, hal tersebut dapat membantu kita untuk mengembangkan diri. Lalu, Empati adalah suatu kemampuan kita atau seseorang untuk mengerti bagaimana perasaan yang lain. Dengan adanya empati kita bisa membangun interaksi sosial yang baik, melatih kecerdasaan emosional kita sendiri, dan melatih tolong menolong antar sesama.

                    Berikut pengertian secara general :

                    a) Self-awareness -> Kemampuan untuk fokus terhadap diri sendiri dan bagaimana aksi, pikiran, dan emosi lakukan atau tidak selaras dengan standar diri.

                    b) Empathy -> Kemampuan untuk mengerti bagaimana perasaan orang lain, dan sangat penting untuk kecerdasan emosional.

                    Kesimpulan, dalam kehidupan ini ternyata kita memerlukan skill yang tidak hanya sekedar bisa untuk berkomunikasi saja ataupun cukup memiliki skill pemecah masalah yang baik. Kita memerlukan semua skill di atas, selain dapat berguna dalam kehidupan sosial, skill tersebut juga sangat membantu dalam kehidupan sehari - hari. Kita perlu melatih diri kita, agar bisa memiliki 4 skill di atas.

                    [ Mengubah: Rabu, 18 Januari 2023, 00:37 ]

                    Komentar