Blog entry by FRESHY DHIYA MAHARANI

Picture of FRESHY DHIYA MAHARANI
by FRESHY DHIYA MAHARANI - Friday, 3 March 2023, 9:52 PM
Anyone in the world

Customer Journey adalah rangkuman keseluruhan pengalaman pelanggan yang dialami ketika pelanggan berinteraksi dengan sebuah brand, produk, atau layanan yang ditawarkan bisnis.

Dalam artikel ini saya akan memaparkan bagaimana peta perjalan pelanggan saya dalam membeli produk yang saya inginkan dan bagaimana saya akan melakukan pembelian ulang atau tidaknya sebuah produk.

Seringkali saya sebagai seorang konsumen melalui berbagai tahapan dalam menentukan brand atau produk mana yang akan dibeli, dalam kasus ini saya akan memaparkan perjalanan pembelian saya dalam produk parfume.

Hal pertama biasanya dalam membeli parfum saya akan mencari tahu review di website femaledaily.com lalu ke twitter setelah itu mencari di tiktok/instagram mencari review aroma yang cocok dengan kepribadian saya setelah menemukan brand mana yang akan saya pilih selanjutnya saya akan mencari review melalui sarana video seperti youtube atau bertanya langsung kepada teman saya yang sering membeli produk parfum.

Setelah mendapatkan produk mana yang dipilih apakah harga sudah pas apakah aroma nya sudah cocok atau apakah ketahanan wanginya sudah worth it? barulah saya akan mencari-carinya di toko online saya sering kali membeli di shopee atau tokopedia saya jarang membeli di offline store karena terkadang brand yang saya mau tidak ada store offline nya di daerah saya.

Apabila brand yang saya pilih terdapat toko offline nya akan saya lebih memilih opsi tersebut karena dalam membeli parfum agar tidak menyesal atau salah pilih aroma datang dan mencoba langsung produk yang dipilih sangat menguntungkan sebagai pembeli dan mengurangi resiko ketidakcocokan aroma tetapi biasanya membeli di toko offline seringkali mendapatkan harga yang lebih mahal daripada toko online.

Lalu dalam memilih parfum hal yang paling krusial adalah menentukan wangi yang cocok dan harga yang paling pas dengan kualitas yang dipilih, dalam masalah brand sebuah produk biasanya saya tidak terlalu memperdulikan apakah parfum tersebut brand yang terkenal atau brand yang biasa saja tetapi sekarang saya lebih memilih untuk membeli brand lokal daripada brand luar.

Bagi saya menemukan aroma yang pas adalah hal yang paling krusial di antara keduanya karena dalam harga bila aroma nya cocok dan ketahan parfum yang awet saya tidak terlalu memusingkannya bila range harga nya masih under 500 ribu rupiah.

Membeli sebuah produk parfum seringkali membuat saya banyak mempertimbangkan lebih dari 3/5 brand karena biasanya aroma yang saya pilih cukup banyak diadopsi dalam berbagai brand terutama brand lokal sehingga membuat saya harus lebih detail dalam memilih brand yang akan menjadi pilihan utama saya.

Dalam membeli parfum jika aroma dan harga serta ketahanan aroma nya paling worth it maka saya tidak segan-segan untuk melakukan pembelian ulang produk yang sama atau menyarankannya kepada teman atau keluarga tetapi saya seringkali melakukan recheck store secara berulang-ulang yang menjual produk tersebut. Memilih toko yang menjual produk yang saya pilih bukan hal yang terlalu sulit bagi saya karena saya selalu memilih toko dengan rating 4,7/5 atau toko online resmi brand yang saya mau karena saya lebih mementingkan kualitas barang ketimbang harga murah tetapi kualitas tidak terjamin.

Dan apabila produk yang saya inginkan saya tidak menemukannya di toko yang saya biasa beli tetapi ada di toko yang menurut saya kurang trusted saya lebih memilih mencari brand lain tetapi dengan kriteria yang 80% mirip dengan produk sebelumnya.