Blog entry by VHI KANIA DHARMARA PUTRI

Picture of VHI KANIA DHARMARA PUTRI
by VHI KANIA DHARMARA PUTRI - Friday, 21 October 2022, 10:17 PM
Anyone in the world

UIGM atau dikenal dengan Universitas Indonesia Green Metric adalah inovasi Universitas Indonesia yang berfokus pada tata letak dan pengolahan lingkungan hidup dalam sekitaran kampus.  UIGM sekarang sudah di ikuti oleh perguruan tinggi darii berbagai dunia. Pada tahun ini, jumlah peserta yang mengikuti UIGM tercatat 912 universitas dari 84 negara di dunia. Telkom University termasuk kedalam salah satu dari universitas yang mengikuti UIGM bahkan sudah berhasil meraih predikat kampus hijau sebagai perguruan tinggi swasta nomor 1 versi UI Green Metric (UIGM) 2021.


Upaya Telkom University dalam mengikuti kegiatan green campus ini yang pertama adalah dengan menyediakan kendaraan listrik untuk transportasi di dalam kampus atau yang biasa disebut dengan Tuctuc. Dalam kampus Telkom sendiri, terdapat 4 mobil Tuctuc yang memiliki jalurnya masing masing.  Lalu selanjutnya, Telkom University juga mendukung program zero waste dengan cara memilah sampah organik dan anorganik. Dan dari pemilahan sampah itu, Telkom University melakukan pengolahan sampah menjadi pupuk.  Selain itu, Telkom University juga mengaplikasikan pembagunan dengan konsep Green Building yaitu dengan menyediakan banyak lahan terbuka hijau di area kampus. Tujuannya adalah untuk memicu universitas yang berpartisipasi untuk menyediakan lebih banyak ruang untuk penghijauan dan menjaga lingkungan, serta mengembangkan energi berkelanjutan.


Itulah beberapa usaha yang dilakukan oleh Telkom University dalam mengikuti program green campus. Sebenarnya masih banyak lagi upaya yang dilakukan oleh kampus ini tetapi saya hanya akan membahasnya segitu saja.