Entri blog oleh FEBRYAN FERDI RAFI

Gambar dari FEBRYAN FERDI RAFI
oleh FEBRYAN FERDI RAFI - Jumat, 21 Oktober 2022, 00:20
Siapa pun di dunia

PENGELOLAAN  AIR di TELKOM UNIVERSITY 

Penyaringan Air 
Water filtering (IPAL)

Penyaringan air sebelum masuk ke Danau Situ Tekno bermanfaat untuk menjadikan air yang masuk ke danau menjadi lebih bersih dan menjadikan kotoran-kotoran mengendap. Air dari luar Telkom University dan air bekas limbah bangunan disaring terlebih dahulu sebelum masuk ke Danau Situ Tekno


Kolam Ikan 
Fish pond

Terdapat beberapa kolam penampungan air yang berfungsi sebagai kolam ikan, hal ini bertujuan untuk mengembangkan pelatihan kewirausahaan yang ada di telkom university, juga dijadikan sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa Telkom University.


Penampungan Air 
kolam dengan fungsi menampung air hujan

Penampungan air berupa kolam juga terdapat di Telkom University, contohnya di dalam kawasan Fakultas Ilmu Terapan. Meskipun begitu, beberapa fakultas juga menambahkan ikan agar mengurangi jentik-jentik nyamuk yang ada di kolam.


Sumur Resapan
Sumur Resapan Telkom University

Sumur resapan di Telkom University bertujuan untuk menampung air hujan. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi aliran pada permukaan dan mencegah terjadinya genangan air yang berlebih. 


Taman Biopori
Tanah Biopori Telkom University

Biopori merupakan lubang-lubang kecil yang digunakan untuk resapan air, hal ini bertujuan untuk membuat air masuk ke dalam tanah dan menambah cadangan air tanah di telkom university.  Nantinya air yang disimpan ini bisa digunakan untuk membersihkan jalanan yang ada di kawasan telkom university.


Referensi: https://greencampus.telkomuniversity.ac.id/id/

By: 

Febryan Ferdi Rafi

1102223070

EL-46-02

 



[ Mengubah: Jumat, 21 Oktober 2022, 01:02 ]