Blog entry by DELIA FRANCISKA PAULO

Anyone in the world

Program Telkom University Menuju Green Campus

Telkom University

Menjadikan kampus sebagai pelopor peduli dan berbudaya lingkungan hidup adalah kebijakan pemerintah sejak tahun 2013. Telkom University menuju Green Campus bukti kontribusi Telkom University dalam pelestarian lingkungan.

Apa itu Green Campus

Green Campus adalah sebuah program pemerintah untuk menjadikan kampus sebagai pelopor pelestarian lingkungan hidup. Telkom University menuju Green Campus sudah dilakukan dan berhasil menempatkan Tel-U di peringkat ke 9 berdasarkan UI Green Metric.

Telkom University adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang mencanangkan program kampus hijau. Hal ini dapat ditemui dengan penghijauan yang saat ini sedang dilakukan. Penghijuan yang dilakukan dibeberapa titik ini bertujuan untuk menghijaukan kembali lingkungan Telkom University. Menurut Aik, selaku koordinator proyek, titik utama dari penghijauan ini dilakukan di depan Gedung Tokong Nanas yang berlokasi ditengah kawasan kampus.

Berikut ini adalah program yang sudah dilakukan Tel-U agar kampus ini mendukung pelestarian alam dan lingkungan

  • Penghijauan kampus dan pembuatan sumur resapan 1000 biopori di kampus Tel-U yang seluas 50 hektar. Dibuat juga Situ Techno yang menjadi penampungan air hujan agar mendukung lahan resapan di area kampus.
Biopori

Situ Techno

  • Menyediakan kendaraan listrik untuk transportasi di dalam kampus.
  • Bersama pemerintah mendukung program Zero Waste dan pemisahan sampah plastik dan organik di dalam lingkungan kampus.
  • Mendapat beberapa  penghargaan dalam kompetisi untuk penemuan teknologi dan eksibisi lingkungan.
  • Menyediakan banyak pedestrian yang teduh dan bebas kendaraan sebagai tempat belajar dan diskusi mahasiswa
pedestrian


  • Melakukan pelestarian satwa seperni penangkaran burung, angsa serta budidaya lebah yang dapat menghasilkan produk madu dengan nilai jual tinggi.
Penangkaran Burung

Burung Merak

  • Mengaplikasikan pembagunan dengan konsep Green Building
green

  • Melakukan pengolahan sampah menjadi kompos serbaguna
Mendaur kembali sampah menjadi kompos

Semuanya adalah bentuk kepedulian Telkom University untuk menciptakan kampus yang lebih hijau dan ramah lingkungan. Telkom University menuju Green Campus merupakan upaya berbakti kepada negara dan masyarakat dengan menjaga lingkungan hidup untuk diwariskan kepada generasi penerus bangsa ini.


[ Modified: Thursday, 20 October 2022, 11:51 PM ]