Blog entry by NASRUL FATURAHMAN

Anyone in the world

 

            Pada tahun lalu Telkom University kembali meraih prestasi dari pemeringkatan Universitas Indonesia Green Metric (UIGM). Pada Desember 2020 ini, Tel-U menduduki peringkat bergengsi sebagai kampus terhijau ke-9 di Indonesia. Pemeringkatan ini dapat secara langsung di lihat pada website resmi UI Greenmetric yaitu greenmetric.ui.ac.id berikut dengan detil kategori penilaiannya. Untuk itu Telkom University akan terus mengembangkan berbagai upaya untuk penghijauan dilingkungan sekitar kampus dan terus meningkatkan peringkat di UIGM.

            Berbagai upaya penghijauan dilakukan seperti penanaman pohon dan pembuatan sumur resapan 1000 biopori pada kampus seluas 50 hektare ini. Tel-U juga dikenal memiliki resapan air yang cukup tinggi, terbantu dengan hamparan lahan hijau di area kampus serta danau resapan Situ Techno yang selalu dikenal dengan danau galau. Selain itu beragam implementasi teknologi hijau terus di kembangkan, seperti memproduksi kendaraan listrik untuk transportasi mahasiswa di dalam kampus serta patroli keamanan kampus.

Untuk membantu kegiatan kemahasiswaan di lingkungan Telkom University, disediakan mobil listrik Telkom University yang sering disebut tuctuc atau tayo oleh mahasiswa Telkom. Mobil listrik ini beroperasi setiap hari di seluruh Gedung di Kawasan Telkom university pada waktu-waktu tertentu. Mobil ini akan berenti di setiap shelter yang telah disediakan. Mobil ini sangat berguna untuk mempermudah mobilitas mahasiswa di Telkom University yang jarak antar gedungnya jauh serta mobil ini dapat menghemat waktu para mahasiswa.

 
               

 

            Dengan adanya mobil tuctuc sebagai transportasi yang ramah lingkungan ini diharapkan bisa mengurangi jumlah penggunaan kendaraan bermotor disekitar kampus dan dapat mengurangi karbon atau polusi disekitar kampus dan menjadikan lingkungan kampus Telkom University lebih bersih dan juga lebih sehat

 

[ Modified: Thursday, 20 October 2022, 10:07 PM ]