Blog entry by JEREMIA CHRISTIAN PUTRA

Anyone in the world

Nama : Jeremia Christian Putra

Kelas : IT-46-03

NIM : 1303223157

"Mengasah Critical Life Skill"

                                                                                    

Pertemuan Pendidikan Karakter kali ini membahas tentang “Mengasah Critical Life Skill”. Life skill ini adalah kemampuan yang penting dalam dunia perkuliahan dan pekerjaan, berikut beberapa contoh life skill yang penting untuk kita sebagai mahasiswa miliki.

  1. Complex Problem Solving
  2. Critical Thinking
  3. Creativity
  4. People Management
  5. Coordinating with Others
  6. Emotional Intelligence
  7. Judgement and Decision Making
  8. Service Orientation
  9. Negotiation
  10. Cognitive Flexibility

A. Problem Solving and Decision Making

  • Problem Solving adalah sebuah tindakan penyelesaian masalah dengan melakukan beberapa tahapan mulai dari menentukan penyebab masalah, mengidentifikasi, memilih, dan menerapkan solusi. Sederhananya, problem solving artinya kemampuan untuk menemukan solusi terbaik dari suatu masalah dengan mengidentifikasi penyebabnya.
  • Decision making adalah serangkaian langkah yang diambil oleh manusia untuk menentukan pilihan atau tindakan terbaik dalam sebuah masalah.

B. Creative Thinking and Critical Thinking

  • Creative Thinking : Kemampuan untuk melihat suatu hal dari perspektif yang berbeda, dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan cara baru, serta berpikir out of the box.
  • Critical Thinking : Kemampuan untuk menganalisis fakta, bukti, observasi, serta argumen yang ada yang bertujuan untuk membentuk suatu keputusan.

C. Communication and Interpersonal Skills

  • Communication Skills : Kemampuan untuk menyampaikan, menerima, dan memproses informasi. Mereka adalah sifat-sifat yang memungkinkan Anda membuat permintaan, mengajukan pertanyaan, memahami instruksi, memberikan arahan, dan menyampaikan informasi dengan jelas dan ringkas.
  • Interpersonal Skills : Kemampuan untuk menangani konflik, kerja tim, empati, mendengarkan, dan sikap positif. Bersikap fleksibel dan positif, mampu mendengarkan, dan berkomunikasi dengan baik meliputi komunikasi verbal dan nonverbal.

D.    Self-awareness and Empathy

  • Self-awareness : Kemampuan untuk fokus pada diri sendiri serta bagaimana aksi, pikiran, atau emosi kita apakah selaras atau tidak dengan standar diri. Dengan mempunyai kesadaran akan diri yang tinggi, kita dapat menginstropeksi diri secara objektif, mengatur emosi kita secara stabil, dan melaraskan aksi kita dengan nilai diri dan memahami dengan benar bagaimana orang lain melihat kita.
  • Empathy : Kemampuan untuk memahami apa yang orang lain rasakan, serta empati sangatlah penting untuk kecerdasan emosional kita.

[ Modified: Wednesday, 21 December 2022, 6:50 PM ]