Entri blog oleh MOHAMAD RIFAN KASYIFUL ASRAR

Siapa pun di dunia

ENERGI TERBARUKAN DAN PENGHEMATAN ENERGI

 DI TELKOM UNIVERSITY

 

Sebagai Perguruan Tinggi swasta no.1 di Indonesia, Telkom University patut berpartisipasi pada UI GreenMetric. Pada perankingan ini ada salah satu bidang penilaian yaitu, Energy & Climate change. Pada bidang ini Telkom University telah menggunakan energi terbarukan yaitu listrik yang bertenaga surya, dan juga beberapa terobosan lain yang akan kita bahas berikut ini.

1.     Pembangkit listrik tenaga surya

Telkom University memiliki banyak gedung dan infrastruktur yang menggunakan banyak sekali tenaga listrik, dengan adanya pembangkit listrik tenaga surya dapat mengurangi beban dalam pemakaian listrik PLN.

 Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pembangkit listrik tenaga surya yang ada di Telkom University terletak di rooftop gedung Fakultas Teknik Elektro. Pembangkit Listrik ini berkapasitas 6000 VA.

Selain di gedung Fakultas Teknik Elektro, penggunaan pembangkit listrik tenaga surya ini juga terpasang pada gedung genset Fakultas Teknik.

Penggunaan listrik tenaga surya juga digunakan pada lampu penerangan jalan umum, sudah lebih dari 70% PJU di Telkom University telah mennggunakan listrik tenaga surya. Hal ini pastinya dapat menurunkan konsumsi listrik PLN.

 solar cell PJU

 

2.     Watergazz pada kendaraan

Pada kendaraan dinas Telkom University, dipasangkan sebuah alat yang menjadi terobosan bagi Telkom University yaitu, Watergazz. alat ini berfungsi memperkaya campuran udara dalam mesin kendaraan sehingga diharapkan penggunaan bahan bakar minya menjadi efisien.

 watergazz


Selain penggunaan energi terbarukan, dalam upayanya ada beberapa hal yang telah dilakukan Telkom University dalam penghematan energi yaitu :

1.     Menggunakan energi terbarukan 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya penggunaan energi terbarukan seperti pembangkit listrik tenaga surya telah banyak digunakan di fasilitas di kampus yang telah menghemat banyak penggunaan listrik PLN.

2.     Penggunaan PLC

PLC

Telkom University memanfaatkan PLC (Programable Logic Control) sebagai timer untuk kontrol penggunaan AC. Dalam penerapannya PLC akan di masukkan program timer yang disesuaikan pada setiap kegiatan ruangan, saat ruangan digunakan AC akan menyala dan sebaliknya saat ruangan tidak ada kegiatan maka AC akan mati.

3.     Lampu LED pada PJU

LED PJU

Lampu penerangan jalan umum di Telkom University telah menggunakan lampu LED. Selain karena umur penggunaan lampu yang lebih lama, penggunaan lampu LED juga lebih hemat dibandingkan lampu biasa pada umumnya.

4.     Komputer dan Monitor

Komputer

Komputer yang digunakan di Telkom Univeristy hampir 60% menggunakan standar star rated energy PC. Selain itu di beberapa laboratorium telah menggunakan All in One (AIO) PC yang lebih hemat 12,5% dari PC konvensional.

Untuk monitor menggunakan layar LED telah banyak menggantikan penggunaan Projektor di ruang rapat dan sidang.

5.     penggunaan peralatan Smart Class Room yang diimplementasikan di ruang kuliah

Sistem smart room yang digunakan di Telkom University bernama VIRA. Dengan menggunakan sistem ini, penggunaan listrik menjadi semakin hemat. Hal ini disebabkan karena power untuk mencatu ruangan tersebut akan menyala otomatis berdasarkan gerakan dari orang yang masuk kedalam ruangan tersebut.

 Referensi : https://greencampus.telkomuniversity.ac.id/id/

 MOHAMAD RIFAN KASYIFUL ASRAR
 1102223020
 EL-46-02


Tag:
[ Mengubah: Kamis, 20 Oktober 2022, 21:45 ]