Entri blog oleh DARA RAHMA SAFITRI

Siapa pun di dunia
Polusi merupakan permasalahan umum yang dialami oleh setiap negara berkembang maupun negara maju. Polusi sendiri biasanya terjadi di daerah perkotaan. Jika dilihat dari jenisnya, polusi memiliki berbagai macam jenis, seperti polusi udara, air, tanah, dan lain-lain. Semakin berkembang suatu daerah, polusi yang dihasilkan akan semakin bertambah juga.

Salah satu penyebab munculnya polusi di daerah perkotaan adalah limbah pabrik. Jika limbah dari pabrik dapat dikelola dengan baik, tentu hal ini tidak akan menimbulkan polusi yang membahayakan bagi lingkungan maupun kehidupan sekitar. Tapi nyatanya, saat ini banyak pabrik-pabrik yang membuang limbah langsung tanpa mengolahnya terlebih dahulu yang akhirnya berdampak pada lingkungan. Salah satu tempat yang menjadi langganan pembuangan limbah tersebut adalah sungai yang menyebabkan terjadinya polusi air. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan sungai-sungai di sekitar daerah perkotaan menjadi tercemar, contohnya seperti sungai Citarum yang bahkan pernah dinobatkan sebagai sungai paling tercemar di dunia. Dengan tercemarnya sungai, tentu kehidupan di dalamnya juga ikut terancam. Ikan yang biasanya hidup di sungai akan mulai mati dan menjadi langka. Tidak hanya itu, sumber air bersih yang bisa didapatkan dari sungai tidak bisa digunakan lagi akibat limbah yang sudah bercampur dengan air sungai. 

Tidak hanya polusi air, limbah pabrik juga dapat menyebabkan polusi udara. Dengan adanya asap yang dikeluarkan oleh pabrik, tentu dapat menyebabkan polusi di udara. Asap pabrik yang biasanya mengandung gas metana dan karbon monoksida dapat merusak lapisan ozon yang akhirnya
menyebabkan efek rumah kaca atau pemanasan global. Hal ini dapat terjadi akibat kurangnya pepohonan yang biasanya menyerap gas tersebut di sekitar daerah perkotaan. Suhu yang semakin meningkat akibat dari pemanasan global tentu akan merugikan bagi manusia ataupun makhluk hidup lainnya. Tidak hanya itu, es yang yang ada di daerah kutub utara maupun selatan mulai mencair yang akan menyebabkan kapasitas air di laut meningkat sehingga daratan akan berkurang karena tenggelam.

Jika dilihat dari segi kesehatan, polusi udara akan membahayakan kehidupan terutama manusia. Penyakit-penyakit yang berkaitan dengan sistem pernapasan akan semakin bertambah bahkan berkemungkinan munculnya penyakit baru yang akan diderita manusia. Tidak hanya manusia, makhluk hidup lainnya juga akan terkena dampaknya. Polusi udara akan memengaruhi paru-paru hewan sehingga rentan terkena penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, bahkan dapat meningkatkan kemungkinan resiko kardiovaskular akut dan penyakit arteri koroner.

Kerugian yang ditimbulkan oleh limbah pabrik sangat besar, mulai dari polusi air, udara, dan lingkungan yang menyebabkan pemanasan global serta munculnya masalah kesehatan. Hal ini tentu harus segera kita tangani sebelum kerusakan yang ditimbulkan semakin parah. Dengan menanamkan kesadaran pada diri kita masing-masing tentu dapat membantu pemerintah menindaklanjuti masalah ini. Dengan begitu, kita dapat berpartisipasi untuk melindungi bumi tercinta kita ini.

Reference:
https://www.detik.com/jabar/berita/d-6223351/7-fakta-sungai-citarum-sempat-jadi-sungai-terkotor-di-dunia
https://www.gramedia.com/literasi/limbah-industri/
https://www.republika.co.id/berita/q1cwoy414/lindungi-hewan-peliharaan-dan-pekerja-dari-polusi-udara