Blog entry by MUHAMMAD FAKHRUL HIZRIAN

Anyone in the world

Nama : Muhammad Fakhrul Hizrian

NIM : 1301223174

Kelas : IF – 46 – 04

“MENGASAH CRITICAL LIFE SKILL” 
Tamami Efendi – Manager web e-commerce engagement and transcation

Critical life Skill :
1. Problem solving and decision making
2. Creative thinking and critical thinking
3. Communication and interpersonal skills
4. Self awareness and empathy 

A. Problem solving and dicision making
- Analogy : mengadaptasi solusi untuk masalah sebelumnya yang memiliki fitur atau mekanisme serupa.
- Brainstorming : menyarankan sejumlah besar solusi atau ide dan menggabungkan dan mengembangkannya sampai solusi optimal ditemukan.

- Divide and conquer : memecah masalah kompleks yang besar menjadi masalah yang lebih kecil yang dapat dipecahkan.
- Hypothesis testing : dengan asumsi penjelasan yang mungkin untuk masalah dan mencoba membuktikan   asumsi tersebut.

- Lateral thinking : mendekati solusi secara tidak langsung dan kreatif.
- Proof of impossibility : Cobalah untuk membuktikan bahwa masalahnya tidak dapat diselesaikan. Titik di     mana bukti gagal akan menjadi titik awal untuk menyelesaikannya.
- Root cause analysis : mengidentifikasi penyebab masalah.

B. Creative thinking and critical thinking
- Creative thinking
Kemampuan untuk menganalisis fakta, bukti, pengamatan, dan argumen yang tersedia untuk membentuk penilaian.
- Critical thinking
Kemampuan untuk melihat berbagai hal secara berbeda, dan menemukan cara baru untuk memecahkan masalah, berpikir di luar kotak.

C. Communication and interpersonal skills
- Communications skills
Kemampuan untuk lulus menerima dan memproses informasi. Mereka adalah sifat-sifat yang memungkinkan Anda untuk membuat permintaan, mengajukan pertanyaan, memahami instruksi, memberikan arahan dan menyampaikan informasi dengan jelas dan ringkas.
- Interpesonal skills
Kemampuan untuk menangani konflik, kerja tim, empati, mendengarkan, dan sikap positif. Menjadi fleksibel dan positif, mampu mendengarkan, dan berkomunikasi dengan baik termasuk komunikasi verbal dan nonverbal.

D. Self-awareness and empathy
- Self awareness
Kemampuan untuk fokus pada diri sendiri dan bagaimana tindakan Anda pikiran atau emosi melakukan atau tidak selaras dengan standar internal Anda. Jika Anda sangat sadar diri, Anda dapat secara objektif mengevaluasi diri sendiri mengelola emosi Anda menyelaraskan perilaku Anda dengan nilai-nilai Anda dan memahami dengan benar bagaimana orang lain memandang Anda.
- Empathy
Kemampuan untuk memahami bagaimana perasaan orang lain dan itu sangat penting untuk kecerdasan emosional.