Blog entry by MOCHAMAD FATHURAHMAN ALDESRAND

Anyone in the world

Sharing Alumni: Mengasah Critical Life Skill

Moderator: Nuril Kaunaini Rofiatunnajah

Narasumber: Tamami Efendi       IF-29-01

The Jobs Landscapes

Top 10 Emerging Jobs in 2022

1.     Data Analysts and Scientists

2.   AI and Machine Learning specialists

3.   General and operations managers

4.   Software and applications developers and analysts

5.   Sales and Marketing Professionals

6.   Big Data Specialist

7.   Digital Transformation Specialists

8.   New Technology Specialists

9.   Organisational Development Specialists

10. Information Technology Services

Top 10 Skills in 2020

1.       Complex problem solving

2.       Critical thinking

3.       Creativity

4.       People management

5.       Coordinating with others

6.       Emotional intellligenve

7.       Judgement and decision making

8.       Service orientation

9.       Negotiation

10.    Cognitive flexibility

Beberapa skill-skill yang penting dan perlu kita latih diantaranya:

1.      Problem Solving And Decision Making

·     Analogy:  Mengadaptasi sebuah solusi dari permasalahan sebelumnya yang mempunyai fitur atau mekanisme yang mirip.

·     Brainstorming: Mensugesti, khususnya pada sejumlah orang, banyak solusi atau ide dan menyatukan dan mengembangkannya sampai menjadi solusi yang optimal.

·     Divide and conquer:  Memecahkan masalah yang besar dan kompleks menjadi masalah yang lebih kecil yang bisa diselesaikan.

·     Hypothesis testing: Mengasumsikan penjelasan yang mungkin terhadap suatu permasalahan dan mencoba untuk membuktikan asumsi tersebut.

·     Lateral thinking: Menghadapi solusi secara tidak langsung dan kreatif

·     Proof of impossibility: Mencoba untuk membuktikan bahwa masalah tersebut tidak bisa diselesaikan. Poin dimana pembuktian itu gagal akan menjadi poin awal untuk menyelesaikannya.

·     Root cause analysis: Mengidentifikasi penyebab dari suatu masalah.

2.     Creative Thinking and Critical Thinking

Critical Thinking: The ability to analyze available facts, evidence, observations, and arguments to form a judgement (Kemampuan untuk menganalisa fakta, bukti, observasi, dan argumen untuk membentuk keputusuan.)

Creative Thinking: The ability to look at things differently, and find new ways of solving problems, thinking out of the box (Kemampuan untuk melihat hal dalam pandangan berbeda, dan menemukan jalan baru untuk memecahkan suatu masalah.)

3.     Communication and Interpersonal Skills

Communication Skills: The ability to pass, receive and process information. They are the traits that allow you to make requests, ask questions, understand instructions, gibe direction and relay information with clarity and conciness. (Kemampuan untuk memberi, menerima, dan memproses informasi. Itu adalah sifat yang bisa membuat kita untuk meminta permintaan, menanyakan pertanyaan, memahami instruksi, memberi arah dan informasi dengan jelas dan ringkas.)

Interpersonal Skills: The ability to handle conflict, teamwork, empathy, listening and a positive attitude. Being flexible anf positive, able to listen, and communicating well include verbal and nonverbal communication (Kemampuan untuk menangani konflik, kerjasama, empati, mendengar dan bersikap positif. Menjadi fleksibel dan positif, bisa mendengar dan komunikasi dengan baik termasuk komunikasi verbal dan nonverbal.)

4.     Self Awareness and Empathy

Self Awareness: Kemampuan untuk fokus pada diri sendiri dan bagaimana aksi, pikiran, atau emosi kita selaras atau tidak dengan standar diri. Jika kita memiliki kesadaran diri tinggi, kita bisa mengevaluasi diri secara objektif, mengatur emosi kita, dan melaraskan aksi kita dengan nilai diri dan memahami dengan benar bagaimana orang lain melihat kita.

Empathy: Kemampuan untuk memahami apa yang orang lain rasakan, dan empati sangatlah penting pada kecerdasan emosional kita.