Blog entry by FAUSTA AKBAR WIJAYA NUR BASUNI

Picture of FAUSTA AKBAR WIJAYA NUR BASUNI
by FAUSTA AKBAR WIJAYA NUR BASUNI - Wednesday, 23 November 2022, 8:56 AM
Anyone in the world

 "Menghadapi Critical Life Skill"


#Resume

Fausta Akbar (1301220081) IF-46-12

    Banyak dari kita tidak mempercayai keterampilan yang diajarkan di perkuliahan. Khususnya mahasiswa Teknik Informatika.  Namun, pada webinar ini menunjukkan bahwa keahlian IT semakin dibutuhkan di dunia ini. Webinar ini juga memberikan wawasan tentang keterampilan yang perlu kita kembangkan untuk menjadi lebih baik. Kita juga harus dapat mengatasi suatu masalah dan mengambil keputusan, hal ini dapat dicapai dengan beberapa langkah yaitu dengan menganalisis masalah yang serupa, brainstorming, membagi dan mengorganisasikan, bereksperimen dengan hipotesis, berpikir lateral, membuktikan ketidakmungkinan dan menganalisis akar penyebab.

    Selain itu, kita juga harus mampu berpikir kritis dan kreatif. Berpikir kritis berarti bahwa individu mampu menganalisis suatu masalah berdasarkan fakta untuk membuat keputusan akhir yang efektif. Pada saat yang sama, berpikir kreatif berarti individu dapat melihat masalah dari sudut pandang atau cara yang berbeda, memungkinkan individu untuk menghasilkan hal yang berbeda.Seiring kita mengembangkan keterampilan kita, kita juga perlu tahu bagaimana menjadi percaya diri dan empati.

CARA MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH & PENGAMBILAN KEPUTUSAN
    Temukan Pain Point yang ada di sekitarmu dan tentukan "How Might We to..".Kemudian brainstorming solusi dengan Teknik Crazy 8. Crazy 8's adalah metode Design Sprint inti. Ini adalah latihan membuat sketsa cepat yang menantang orang untuk membuat sketsa delapan ide yang berbeda orang Tujuannya adalah untuk mendorong melampaui ide pertama, seringkali yang paling tidak inovatif, dan untuk menghasilkan berbagai macam solusi untuk tantangan Anda.

Problem Solfing
KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN INTERPERSONAL
    Keterampilan komunikasi, kemampuan untuk menyampaikan, menerima dan memproses informasi. Adalah sifat-sifat yang memungkinkan Anda untuk membuat permintaan, mengajukan pertanyaan, memahami, instruksi, memberi arahan dan menyampaikan informasi dengan jelas dan ringkas.
    Kemampuan interpersonal, kemampuan menangani konflik, kerja tim, empati, mendengarkan, dan sikap positif. Bersikap fleksibel dan positif, mampu mendengarkan, dan berkomunikasi dengan baik meliputi komunikasi verbal dan nonverbal.

KESADARAN DIRI DAN EMPATI
    Kesadaran diri, kemampuan untuk fokus pada diri sendiri dan bagaimana tindakan, pikiran, atau emosi Anda selaras atau tidak selaras dengan standar internal Anda. Jika Anda sangat sadar diri, Anda dapat mengevaluasi diri Anda secara objektif, mengelola emosi Anda, menyelaraskan perilaku Anda dengan nilai-nilai Anda, dan memahami dengan benar bagaimana orang lain memandang Anda.
    Empati, kemampuan untuk memahami perasaan orang lain, dan itu sangat penting untuk kecerdasan emosional menjadi lebih sadar akan perasaan dan emosi orang lain dan melibatkan tanggapan terhadap orang berdasarkan informasi ini.

Kesan : Tentunya webinar ini sangat bermanfaat bagi saya, karena dengan mengikuti webinar ini saya semakin tahu skill apa saja yang harus saya kembangkan untuk dapat menjadi lebih baik dan juga saya lebih tahu cara memecahkan masalah-masalah dalam diri saya.

Pesan : Sebaiknya lebih dipersiapkan lagi dalam acaranya karena dalam menampilkan video sering buffering atau suara yang terdengar sering terputus-putus ketika webinar berlangsung.



[ Modified: Wednesday, 23 November 2022, 9:09 AM ]