Entri blog oleh AZIZAH SALMA AYUNISA PURNOMO

Siapa pun di dunia

Pada zaman sekarang banyak skill penting yang harus kita pelajari mulai dari Complex Problem Solving, Critical Thinking, dan Creativity. Untuk Critical Life Skill yang akan kita bahas ada 4, yang pertama Problem Solving dan Decision Making.

Life skill ini terdiri dari 7 skill lain,

1. Analogy

2. Brainstorming

3. Divide and Conquer

4. Hypothesis Testing

5. Lateral Thinking

6. Proof of Impossibility

7. Root Cause Analysis

Lateral thinking

1. Lateral Thinking digunakan ketika belum ada solusi yang bisa memecahkan suatu masalah, kita bisa memanfaatkan problem tersebut.

2. Cara menggunakan lateral thinking adalah, berpikir bahqa kita tidak perlu menghilangkan masalah itu, kita bisa memanfaatkannya secara kreatif.

Critical Thinking adalah kemampuan untuk menganalisis fakta, oberservasi, dan argumen untuk membentuk keputusan. Sedangkan Creative Thinking adalah kemampuan untuk melihat sesuatu secara 'beda' dan mencari cara untuk menyelesaikan masalah.

Untuk mengimprove solving decision making kita, kita bisa melakukan Crazy 8's. Metode ini adalah metode latihan menggambar cepat 8 ide yang berbeda dalam 8 menit.

Communication skills adalah kemampuan umtuk menerima, memberikan, dan memproses suatu informasi. Interpersonal skills adalah kemampuan untuk menghandle konflik, kerja sama, empati, mendengarkan, dan sikap yang positif. Contoh dari keduanya adalah :

1. Keramahan dan Empati

2. Public Speaking

3. Reflection

4. Clarity

5. Active listening

6. Dan lainnya

Cara mengimprove keduanya adalah bisa dengan mengajak bicara seseorang yang kelihatannya terbuka untuk diajak bicara di tempat umum. Kita melakukan eye contact dan senyum ramah. Jangan lupa menggunakan body language yang engaging. Jangan meraup personal space mereka. Bilang halao dan mulailah percakapan dari hal sederhana, seperti hal yang ada disekitar. 

Self awareness adalah kemampuan untuk fokus pada diri kita sendiri dan bagaimana cara kita bekerja, berpikir, dan emosi kita seiring atau tidak seiring dengan standar internal kita. Empathy adalah kemampuan untuk mengerti perasaan orang lain. 

Cara untuk menjadi diri yang Empathy bisa dimulai dari kelas. Contohnya, mendengarkan secara aktif, tidak 'ngejudge', saling memahami, memperlihatkan body language yang terlihat empati.

Kesan Pesan :

Menurut saya sharing alumni kemarin sangat menarik untuk dibahas. Saya bisa lebih mengerti bagaimana cara mengelola masalah yang saya hadapi. Selain itu wawasan saya juga menambah tentang apa life skill yang esensial sekarang.