Blog entry by NATHANAEL RICHARD HUTAPEA

Picture of NATHANAEL RICHARD HUTAPEA
by NATHANAEL RICHARD HUTAPEA - Sunday, 20 November 2022, 11:37 PM
Anyone in the world

Saya adalah salah satu mahasiswa Telkom University dari Fakulltas Teknik Elektro dan saya ingin memberikan Pendapat dan usulan saya dari topik berikut :

-SGDs di TelU

-Kebhinekaan di TelU

-Gerakan Lingkungan di TelU

-Renewable energy di TelU

-tentang Pengaturan penggunaaa kendaraan bermotor di TelU.

 

Untuk yang pertama ada SGDs. Isi dari SGDs sendiri adalah 17 Tujuan Dan 169 Target yang akan dicapai padah Tahun 2030 , Dari 17 Target tersebut yang berisi tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan,

Kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi layak, energi bersih dan terjangkau, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, industri,inovasi dan infrastruktur, berkurangnya kesenjangan, kota dan komunitas berkelanjutan, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penganan perubahan iklim, ekosistem laut, ekosistem daratan, perdamaian keadilan,kelembagaan yang tangguh, kemitraan untuk mencapai tujuan.            Yang saya mau bahas disini adalah “Perdamaian , Keadilan dan Kelembagaan yang tangguh. Pendapat saya tentang SGDs ini adalah Kurangnnya Perdamaian, Saya ambil saja kata “Damai” yang pastinya berhubungan dengan ketenangan. Didaerah telkom sendiri ada beberapa tempat yang Rumornya rawan begal. Saya menyarankan agar dicepat tanggapi karena dengan adanya rumor yang beredar itu Mahasiswa yang tinggal di sekitar Kampus tidak nyaman dan merasa takut. Ini juga berlaku kepada mahasiswa untuk tidak keluar rumah saat sudah tengah malam agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Yang kedua adalah Kebhinekaan. Seperti yang diketahui bahwa negara kita Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak pulau dan juga budaya yang tersebar di seluruh indonesia. Dengan perbedaan pulau masyarakat Indonesia jadi susah untuk mengenal satu sama lain, tetapi di Telkom University Kami semua mahasiswa dari berbagai penjuru indonesia berkumpul bersama untuk menimbah ilmu. Dengan berkumpulnya mahasiswa dari seluruh indonesia , kami bisa mengenal satu sama lain , mengenal budaya dan mendapatkan teman baru dari daerah yang berbeda di Telkom University. Saya berharap semua mahasiswa di Telkom University dapat berteman dengan baik tanpa adanya tindakan membeda bedakan suku dan ras. Saya menyarankan diadakan event dimana seluruh mahasiswa bisa mengenalkan budaya-budaya mereka agar semua orang tau budaya yang tersebar di Indonesia.

 

Yang ketiga Gerakan Lingkungan. Pendapat saya tentang lingkungan di Telkom Univesrity yaitu sudah sangat bagus karena yang dituliskan di web Telkom University yang menuliskan “Upaya Telkom University Dalam Menciptakan Kampus Hijau” bahwa “Komitmen Telkom University (Tel-U) dalam menjadikan kampus yang hijau dan lestari terus diupayakan. Berdasarkan pemeringkatan Universitas Indonesia Green Metric (UIGM), Telkom University menempati peringkat ke-9 di Indonesia dan peringkat ke 123 dunia sebagai kampus hijau di tahun 2020”. Saya sangat kagum apa yang mennjadi komitmen TelU untuk membuat kehidupan hijau di kampus. Saran saya untuk Telkom University, Kampus ini harus mempertahankan Nama Kampus Hijau untuk kedepannya agar Telkom University akan terus menjadi kampus yang banyak diminati.

 

 

Yang keempat Renewable energy di TelU. Sebelum saya berpendapat saya ingin memperjelas apa itu Renewable Energy. Renewable Energy sendiri merupakan energi yang terbarukan yang berasal dari alam. Di TelU sendiri Renewable energy sudah digunakan yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Menurut saya TelU perlu membuat Renewable energy secara bervariasi atau memperbanyak pembangkit listrik seperti ini agar berguna untuk kampus.

 

Yang kelima Pengaturan penggunaaa kendaraan bermotor di TelU. Di TelU sendiri banyak mahasiswa yang memakai motor. Karena itu parkiran motor bisa saja penuh atau padat karena jumlah siswa yang mengendarai motor tidak sedikit. Banyak kekurangan di parkiran motor yang menurut saya harus diperhatikan. Seperti jalan parkiran yang banyak berlubang dan rusak. Tidak hanya parkiran , akan tetapi jalan juga harus diperhatikan. Jalan didalam kampus masih ada beberapa yang harus di perbaiki untuk mempermudah mahasiswa menggunakan jalanan di kampus telkom.

 

 

 

 


[ Modified: Sunday, 20 November 2022, 11:38 PM ]