Blog entry by SERGHIUS TOTTI DESTINO

Picture of SERGHIUS TOTTI DESTINO
by SERGHIUS TOTTI DESTINO - Sunday, 20 November 2022, 5:06 PM
Anyone in the world

Serghius Tottti Destino

1102223091

El-46-04



SDGs di Tel-U


Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030. Tujuan-tujuan tersebut adalah Tanpa Kemiskinan, Tanpa Kelaparan, Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Pendidikan Berkualitas,  Kesetaraan Gender, Air Bersih dan Sanitasi Layak, Energi Bersih dan Terjangkau,  Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, Industri, Inovasi dan Infrastruktur, Berkurangnya Kesenjangan, Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan, Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab, Penanganan Perubahan Iklim, Ekosistem Lautan, Ekosistem Daratan, Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh, Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Dari 17 tujuan tersebut, yang menurut saya kurang terpenuhi adalah “Tanpa Kelaparan” makanan-makanan yang tersedia didalam Tel-U (kantin-kantin) harganya terbilang cukup mahal, saya menyarankan agar kantin-kantin menyediakan makanan-makanan yang harganya cukup terjangkau bagi mahasiswa-mahasiswa.

 

Kebhinekaan di Tel-U

Yang kedua adalah Kebhinekaan di Tel-U, Kebhinekaan diambil dari kata Bhineka Tunggal Ika yang artinya adalah berbeda-beda tetap satu jua. Sejauh yang saya rasakan hingga saat ini, sudah sangat baik, karena kami dapat berteman dengan tidak saling membeda-bedakan suku, agama, ras.

 

Gerakan Lingkungan di Tel-U

Lingkungan kampus  yang bersih akan membuat kita hidup aman, nyaman, dan tetram. Ketika kita memperhatikan dan mengolah kawasan kumuh yang berada disuatu daerah, kita akan merasa tidak nyaman untuk memperhatikannya. Bukan hanya itu, bahkan untuk mendekat saja kita merasa enggan.

Maka dari pada itu saya melihat kebersihan lingkungan disekitar Tel-U terbilang bersih. Tetapi ada juga tempat yang bagi saya terlihat sedikit kumuh yaitu genangan air yang dekat dengan parkiran GKU. Saran saya untuk tempat itu agar dibersihkan atau diolah menjadi tempat yang enak dipandang.

 

Renewable Energy di Telkom University

Renewble Energy atau biasa disebut dengan energi terbarukan adalah energi yang berasal dari sumber-sumber alamiah seperti sinar matahari, angin, hujan, geothermal dan biomassa. Dalam hal Renewble Energy Tel-U telah melakukan terobosan-terobosan dalam menciptakan sumber-sumber energi selain dari listrik yang telah disediakan oleh PLN, Bahan Bakar Kendaraan selain yang di sediakan oleh pertamina. Sudah cukup banyak sumber-sumber energi terbarukan yang di ciptakan oleh Telkom University yaitu adanya pembangkit listrik tenaga surya yang cukup besar dengan kapasitas 6000 VA dan adanya pembangkit listrik tenaga angin atau disenut juga wind turbine serta masih ada yang lainnya. 

 

Pengaturan Penggunaan Kendaraan Bermotor di Telkom University 

Pengaturan penggunaan kendaraan bermotor di Telkom University sudah terbilang baik. Tetapi walaupun banyaknya fasilitas parkir yang tersedia di kampus, masih adanya kekurangan untuk adanya fasilitas parkir bagi kendaraan roda 2  yaitu didekat TUL-TULT. Jika tersedianya lahan parkir bagi kendaraan roda 2 disekitar TULT akan menghemat waktu jika akan pindah kelas ke gedung yang lain. Bisa dilihat juga bahwa transportasi yang disediakan didalam Telkom, yang bisa kita sebut Tayo masih kurang cukup untuk mengangkut banyaknya mahasiswa. Dan ada sedikit saran tambahan  untuk daerah gang pelit karena tidak adanya lahan parkir, agar gerbang gang pelit dibuka hingga pukul 19:00 supaya mahasiswa masih bisa menggunakan jalan alternatif lewat gang tersebut, ketika pulang kuliah sore.