Entri blog oleh R BRIELLYANTY ZENTIKA RATUSURI

Gambar dari R BRIELLYANTY ZENTIKA RATUSURI
oleh R BRIELLYANTY ZENTIKA RATUSURI - Minggu, 20 November 2022, 08:07
Siapa pun di dunia

Nama : R. Briellyanty Zentika R

Kelas : EL-46-04

NIM  : 1102223227

 

Telkom University (Tel-U) merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di BandungJawa BaratIndonesia. Tel-U telah beberapa kali menduduki peringkat pertama Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia serta masuk jajaran Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia. Tel-U juga menjadi Universitas Swasta Pertama Indonesia yang Terakreditasi Unggul oleh BAN-PT

            Berdiri pada 14 Agustus 2013 dari gabungan empat institusi yang berada di bawah badan penyelenggara Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), yaitu Institut Teknologi Telkom(IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). 

            Saya R.Briellyanty Z.R selaku mahasiswa Telkom University akan membahas beberapa topik mengenai Universitas ini, diantaranya Sustainable Development Goals (SDGs) di TelU, Kebhinekaan di TelU, Gerakan Lingkungan di TelU, Renewable Energy di TelU, dan Pengaturan Pengguna Kendaraan Bermotor di TelU.

 

SDGs di Telkom University

Sustainable Development Goals (SDGs) berisi 17 Tujuan ,Universitas Telkom sebagai lembaga Pendidikan juga harus ikut perperan dalam SDGs ini. Dengan tujuan pembangunan keberlanjutan melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.17 Tujuan tersebut diantaranya penghapus kemiskinan, penghapus kelaparan, Kesehatan dan kesejahteraan, Pendidikan berkualitas, Kesetaraan Jender, Air Bersih dan Sanitasi, Energi Bersih dan Terjangkau, Pertumbuhan Ekonomi dan Pekerjaan yang Layak, Infrastruktur Tangguh, Industri Inklusif dan Inovatif, Penurunan Kesenjangan, Kota Inklusif dan Berkelanjutan, Konsumsi dan Produksi Berkelanjutan, Perubahan Iklim dan Pengurangan Resiko Bencana, Pelestarian dan Pemanfaatan Berkelanjutan Ekosistem Laut, Pelestarian dan Pemanfaatan Berkelanjutan Ekosistem Darat, Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Kokoh, Kemitraan untuk Semua Tujuan Pembangunan.

            Beberapa faktor tujuan tersebut sudah tercapai oleh Telkom University, namun tidak semua dan masih ada beberapa diantaranya yang harus lebih diperhatikan lagi. Terlepas dari hal tersebut, lingkungan Tel-U sudah dengan sangan baik mengaplikasikan SDGs sebagaimana mestinya. Seperti Pendidikan berkualitas, yang ditunjang dengan fasilitas dan tenaga kerja  yang tersedia di Tel-U itu sudah cukup untuk membuat lingkungan Pendidikan jadi berkualitas. Begitu pula dengan kehidupan sehat dan sejahtera, di lingkungan Tel-U terdapat banyak pepohonan yang membuat lingkungan menjadi asri, juga terdapat Telkom Medika yang bisa kita gunakan sebagai fasilitas Kesehatan yang ada di Tel-U.

 

Kebhinekaan di Tel-U

Mahasiswa yang berada di Tel-U tidak hanya berasal dari bandung saja. Banyak juga mahasiswa yang berasal dari luar daerah maupun luar negara. Dalam hal tersebut tentu saja terdapat banyak kebhinekaan. Seperti berbedanya agama, suku, budaya, Bahasa, dll. Namun hal tersebut tidak menjadi sebuah penghalang untuk kita semua Bersatu. Seperti semboyan “Bhineka Tunggal Ika”, meskiupun kita semua berbeda tetapi tetap memiliki satu tujuan yang sama.

 

Gerakan Lingkungan di Telkom University

Lingkungan yang sehat  adalah segala sesuatu disekitar yang dapat mempengaruhi perkembangan hidup manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung. Telkom University juga mempunyai lingkungan yang sehat. Dengan banyak nya pepohonan yang rindang yang berada di lingkungan kampus sangat membantu terciptanya udara yang sehat juga segar. Begitupula dengan fasilitas yang disediakan kampus sangat bersih juga terawat. Tak luput dari hal tersebut, kita juga sebagai mahasiswa Tel-U harus turut menjaga kebersihan yang ada di lingkungan tersebut supaya tetep terjaganya lingkungan yang bersih juga terawat.

 

Renewable Energy di Telkom University

Renewable energy atau Energi Terbarukan adalah energi yang dapat diperbaharui dan berasal dari "Proses alam berkelanjutan", seperti tenaga surya, tenaga angin, arus air, proses biologi dan panas bumi. Di Telkom University sendiri sudah terdapat berbagai macam renewable energy, mulai dari banyak nya sumur resapan dan terdapat pula pembangkit energi listrik yang terbuat dari tenaga surya. Tak hanya itu di Tel-U juga terdapat Pembangkit listrik tenaga angin, dan pembangkit listrik tenaga sampah.

 

Pengaturan Penggunaan Kendaraan Bermotor di Telkom University

 

Pengaturan Penggunaan Kendaraan Bermotor di Telkom University sudah bisa dibilang sangat baik. Dengan banyak nya fasilitas kampus yang memadai untuk parkir membuat para mahasiswa mudah untuk memarkirkan kendaraan nya dan tidak bingung harus menyimpan kendaraan nya dimana. Tapi ada beberapa hal yang sangat disayangkan, banyakan nya fasilitas yang kurang maksimal masih terdapat di lingkungan Tel-U, seperti lahan parkir yang berlubang. Hal tersebut kadang bisa membuat banjir dan beberapa kendaraan bermotor bisa terkena banjir dn juga mengalami kerusakan. Mungkin kedepannya hal tersebut lebih bisa diperhatikan oleh pihak kampus supaya bisa di perbaiki.