Entri blog oleh RAFAEL GRASHYA LEVYANO

Siapa pun di dunia
Rafael Grashya Levyano (1102223180)
Kelas EL-46-04

Sustainable Development Goals di Tel-U

Sustainable Development Goals (SDGs) adalah suatu rencana aksi global yang di sepakati oleh anggota PBB di seluruh dunia yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan, kelaparan, masalah ekonomi, dan krisis dunia yang lain. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030 tujuan di antaranya adalah Tanpa Kemiskinan, Tanpa Kelaparan, Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Pendidikan Berkualitas, Kesetaraan Gender, Air Bersih dan Sanitasi layak, Energi Bersih dan Terjangkau, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, Industri, Inovasi dan Infrastruktur, Berkurangnya Kesenjangan, Kota dan Komunitas Berkelanjutan, Konsumsi dan Produksi yang Bertanggungjawab, Penanganan Perubahan Iklim, Ekosistem Laut, Ekosistem Daratan, Perdamaian, Keadilan, kelembagaan yang Tangguh, serta Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.  

Menurut pandangan saya terhadap lingkungan Tel-U berdasarkan aspek tersebut adalah lingkungan Tel-U sudah cukup baik dalam menerapkan SDGs di lingkungan kampus. Dari aspek pendidikan, sudah cukup berkualitas dengan kurikulum yang memadai dan dosen yang kompeten, meskipun masih ada beberapa dosen yang terlihat kurang niat dalam mengajar, tapi hanya beberapa saja, serta fasilitas yang ada cukup memadai dalam menunjang kegiatan mahasiswa. Jadi menurut saya, SGDs di Tel-U sudah cukup baik pelaksanaanya.

Kebhinekaan di Tel-U

Kata “Bhinneka” artinya beraneka ragam atau berbeda-beda, kata “Tunggal” artinya satu, sedangkan “Ika” artinya itu. Secara harfiah, Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan menjadi “Beraneka Satu Itu”, yang bermakna meskipun berbeda-beda, tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap satu kesatuan.

Menurut pandangan saya terhadap kebhinekaan di lingkungan Tel-U sudah cukup baik. Beberapa contoh penerapan kebhinekaan di lingkungan kampus yaitu, meskipun di Tel-U mahasiswanya berasal dari daerah yang berbeda-beda, bahkan di kelas saya pun daerah asal nya sangat beragam, akan tetapi sejauh ini saya tidak pernah melihat ataupun mengalami adanya kejadian rasisme atau membeda-bedakan orang berdasarkan daerah asalnya. Yang saya lihat sejauh ini mahasiswanya saling menghargai tanpa memandang darimana mahasiswa lain berasal. Jadi menurut saya kebhinekaan di Tel-U sudah cukup baik penerapannya.

Gerakan Lingkungan di Tel-U

Lingkungan hidup sendiri memiliki definisi yang berarti kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Dari definisi tersebut bisa diartikan bahwa  lingkungan hidup adalah kesatuan ruang, artinya adalah lingkungan hidup sebagi suatu wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi. Jadi ruang dalam lingkup lingkungan hidup adalah segala ruang yang termasuk dalam lingkup atmosfer bumi.

Seperti yang kita ketahui, di Telkom University terdapat program yang bernama Green Campus, dimana program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kampus yang bersih, sehat, dan asri, serta nyaman demi keberlangsungan kegiatan belajar mengajar. Menurut saya, dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti Green Campus yang bertujuan untuk memelihara lingkungan Telkom university, membuat lingkungan kampus menjadi tetap bersih dan mahasiswa pun jadi merasa nyaman dalam menjalani kegiatan perkuliahannya.

Renewable Energy di Tel-U

Renewable energy atau yang bisa disebut juga sebagai Energi terbarukan ialah energi yang berasal dari "proses alam yang berkelanjutan", seperti tenaga surya, tenaga angin, arus air, proses biologi, dan panas bumi. Dalam melakukan pengembangan energi terbarukan, Universitas Telkom telah melakukan banyak  terobosan-terobosan dalam menciptakan sumber-sumber energi selain dari listrik yang telah disediakan oleh PLN, Bahan Bakar Kendaraan selain yang di sediakan oleh pertamina, adapun sumber energi terbarukan yang di ciptakan oleh Universitas Telkom adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya.

Pada aspek renewable energy, Telkom University telah melakukan terobosan-terobosan dalam menciptakan sumber-sumber energi , bahan bakar kendaraan. Selain itu, terdapat masih banyak sumber-sumber energi terbarukan yang diciptakan oleh Telkom University. Tapi intinya, Telkom University sangat baik dalam aspek renewable energy.

Pengaturan Penggunaan Kendaraan Bermotor di Tel-U

Aspek terakhir yang akan saya bahas ini adalah aspek yang menurut saya menjadi kelemahan yang ada di Telkom University yaitu mengenai Pengaturan Penggunaan Kendaraan Bermotor di Telkom University.  Meskipun Telkom University telah menyediakan fasilitas parkiran untuk mobil dan motor, akan tetapi parkiran motornya sudah harus untuk diperbaiki, banyak sekali lubang yang terdapat dalam parkiran motor yang membuat para mahasiwa yang ingin parkir jadi merasa tidak nyaman, yang lebih parahnya setiap hujan turun parkiran motor menjadi banjir yang semakin membuat tidak nyaman. Jadi pada aspek Pengaturan Penggunaan Kendaraan Bermotor di Telkom University ini cukup tidak memuaskan.