Entri blog oleh DENYO CHANDRADINATA

Siapa pun di dunia

DENYO CHANDRADINATA

1102223072

EL-46-04


Berikut hasil pengamatan sebagai mahasiswa Telkom University terhadap beberapa poin-poin yang ditugaskan:


SGDs Telkom University

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030. Menurut saya, Universitas Telkom sebagai lembaga Pendidikan Tinggi memiliki visi yang sejalan dengan tujuan pembangunan keberlanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), turut berpartisipasi dalam mewujudkan tujuan berkelanjutan melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.


Kebhinekaan Telkom Untiversity

Di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini, Telkom University juga terus mengambil peran sebagai Perguruan Tinggi yang  terus berkomitmen dalam merawat kebhinnekaan, keberagaman dan kemajemukan. Pelaksanaan penanaman nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika di Telkom University dilaksanakan melalui hal-hal kecil yang mempunyai arti besar seperti mengutamakan musyawarah, tolong-menolong, menghargai perbedaan, dan menyadari bahwa kita semua adalah satu Indonesia. Tidak hanya itu, para mahasiswa juga menerapkan perilaku toleransi, keadilan yang setara, dan gotong royong. Dengan itu semua, kehidupan di kampus Telkom University akan terus berjalan dengan tentram, aman dan damai.


Gerakan Lingkungan Telkom University

Telkom University berkomitmen menciptakan lingkungan kampus Telkom University yang hijau serta lestari. Mengutip artikel dari telkomuniversity.ac.id, Guna mencapai tujuan tersebut Telkom University telah menjalani program diskusi Bersama tim UIGM dengan Assessment Meeting yang berlangsung secara daring. Menurut Dr. Yuni, Telkom University setidaknya memiliki kekuatan pada kategori Setting & Infrastruktur, energy and climate change and transportation. Sayangnya, ada beberapa tempat di Telkom university yang tidak bersih, seperti kamar mandi digedung gku atau Gedung kuliah umum yang sangat kotor.

hal penting yang perlu dilakukan Universitas Telkom, mahasiswa dan tenaga kerja agar lingkungan sekitar dapat menjadi lebih baik lagi adalah:

  1. Edukasi mengenai betapa pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan kampus Telkom University
  2. Pihak Universitas Telkom dapat bekerja sama dengan pihak lain untuk mengelola sampah, sehingga universitas Telkom tidak perlu mengolah sampahnya sendiri, melainkan dengan membagi jumlah sampah dengan pihak kerja sama. 
  3. Memaksimalkan peran organisasi dan juga seluruh masyarakat di Universitas Telkom untuk mencari solusi dari permasalahan lingkungan yang terjadi.
  4. Memaksimalkan peran organisasi seperti UKM dan juga peran seluruh masyarakat di Universitas Telkom untuk mencari solusi dalam permasalahan lingkungan yang terjadi di Universitas Telkom. 

Renewable Energy Telkom University

Renewable energy atau Energi Terbarukan adalah energi yang dapat diperbaharui dan berasal dari "Proses alam berkelanjutan", seperti tenaga surya, tenaga angin, arus air, proses biologi dan panas bumi. Dalam mengembangkan energi terbarukan Universitas Telkom telah melakukan terobosan-terobosan dalam menciptakan sumber-sumber energi selain dari listrik yang telah disediakan oleh PLN, Bahan Bakar Kendaraan selain yang di sediakan oleh pertamina, adapun sumber-sumber energi terbarukan yang di ciptakan oleh Universitas Telkom seperti mengembangkan tenaga surya dengan media solar panel atau panel surya. Pemakaian solar panel dari pembangkit tenaga surya ini bisa mengurangi penggunaan listrik konvensional, dan karena ini adalah energi terbarukan, dan hanya memerlukan tenaga surya atau terik matahari sebagai sumber energinya, jadi bisa mendapatkan energi atau daya dari sinar matahari yang dihasilkan pada siang hari. Pembangkit listrik tenaga surya dari panel surya ini berkapasitas 6000 VA. Panel surya ini sudah dipasang di salah satu gedung di Telkom University yaitu gedung Fakultas Teknik Elektro. Selain itu Panel surya juga dipasang Gedung Genset.


Pengaturan penggunaan kendaraan bermotor Telkom University

Dengan tidak sedikitnya pengguna kendaraan bermotor di Telkom University, tentunya Telkom University membuat beberapa peraturan kepada para pengguna kendaraan bermotor. Peraturan tempat parker misalnya, menurut saya Telkom sudah menegaskan peraturan ini dengan baik, dan juga para pengguna kendaraan bermotor di Telkom University menaatinya dengan baik. Tapi ada beberapa peraturan membawa kendaraan bermotor yang masih sering dilanggar oleh mahasiswa Telkom university. Mahasiswa Telkom University masih sangat banyak melanggar kewajiban tentang penggunaan helm dan batas muatan orang dalam satu kendaraan bermotor. Padahal, menggunakan helm sangat amat penting dalam penggunaan kendaraan bermotor karena helm akan melindungi bagian kepala pengendara dari benturan jika terjadi kecelakaan. Juga jika tumpangan lebih dari dua orang, motor menjadi tidak seimbang dan lebih berpotensi mengakibatkan kecelakaan.