Blog entry by RAFIF AGUSFI

Picture of RAFIF AGUSFI
by RAFIF AGUSFI - Saturday, 19 November 2022, 10:41 AM
Anyone in the world

Nama         : Rafif Agusfi

NIM            : 1102223033

Kelas         : EL-46-04

 

                Universitas adalah  Perguruan tinggi yang bergerak dalam bidang Akademik dan menyelenggarakan Pendidikan Vokasi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan dan teknologi jika memenuhi syarat. Universitas Telkom atau Telkom University (Tel-U) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. . . Pada tahun 1994 Telkom University diresmikan oleh presiden Soeharto  menjadi Universitas Telkom. Universitas Telkom digabung pada 14 Agustus 2013 dari empat institusi yang berada di bawah badan penyelenggara Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).Universitas telkom menjadi universitas no 1 di Indonesia Menurut THE Asia University Rangkings (THE AUR 2022).

            Saya Rafif Agusfi ingin menuliskan beberapa pendapat saya mengenai 5 topik yaitu Sustainable Development Goals (SGDs) di Telkom University, Kebhinekaan di Telkom University, Gerakan lingkungan di Telkom University, Renewble energi di Telkom University, Pengaturan aturan bermotor di Telkom University.

 

1.       Sustainable Development Goals (SGDs) di Telkom University

 

SGDs di Telkom University yang memiliki tujuan diantaranya Tanpa kemiskinan, Tanpa kelaparan, Kehidupan sehat dan sejahtera, Pendidikan yang berkualitas, Kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi layak, Energi bersih, Pekerjaan layak dan terjadinya pertumbuhan ekonomi, Industri, Inovasi dan infrastruktur, berkurangnya kesenjangan social, Kota & Komunitas berkelanjutan, konsumsi dan produksi bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, Ekosistem laut, Perdamaian, keadilan, kelembagaan yang Tangguh dan kemitraan untuk mencapai tujuan. Pada intinya SGDs di Telkom University bertujuan untuk mengakhiri guna kemiskinan, mengurangi kesejangan sosial dan untuk melindungi lingkungan, yang diharapkan pada tahun 2030 dapat terwujud.

Sebagai mana mestinya Telkom University menjadi Perguruan Tinggi berupaya menghasilkan output, baik hasil penelitian maupun hasil pengabdian masyarakat, yang diakui kontribusinya oleh internasional. Dan yang paling penting Tel-U berupaya keras untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi dan berdaya saing global. Kewirausahaan dan kreatifitas, yang secara eksplisit telah dijadikan spirit dan tema utama akan mewarnai seluruh perjalanan kemajuan di masa depan.

Tel-U dikenal bukan hanya menghasilkan pemikir cerdas dan kritis, namun juga menghasilkan lulusan yang inovatif dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Tel-U mengembangkan dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik institusi nasional maupun internasional dengan Universitas dan Program Studi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, kurikulum, dan mutu lulusan Tel-U, sehingga memiliki ketrampilan dan kompetensi terbaik sesuai dengan bidangnya masing-masing.

 Selain riset, Telkom University juga menyediakan mata kuliah pembelajaran terkait pengembangan teknologi melalui matakuliah Pengenalan Teknik Elektro. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa serta meningkatkan atmosfer penciptaan inovasi yang mendukung pencapaian SDGs. Maka, bukan merupakan suatu hal yang baru lagi saat kita melihat charging station kendaraan listrik dengan mudah dapat ditemukan di jalan atau kompleks perumahan. Bahkan, sudah banyak hasil karya mahasiswa Tel-U yang dapat kita saksikan berupa mobil listrik dan lain sebagainya.

 

2.Kebinekaan di Telkom University

      Di Telkom University saya menemukan beberapa ragam suku,ras,agama,daerah,dan latar belakang yang berbeda beda. Hubungan pertemanan diperbedaan itu sangat baik dan seperti saudara,yang artinya perbedaan dilingkungan Telkom University sangat baik dan tidak ada rasis atau saling menjelekkan.

 

3.Gerakan lingkungan di Telkom University

      Saya mencari disumber lama internet Berdasarkan pemeringkatan Universitas Indonesia Green Mtetic (UIGM) Telkom University menempati peringkat ke-9 di Indonesia dan menempati posisi ke 123 di Dunia sebagai Kampus Hijau ditahun 2020.

 

Perguruan tinggi memiliki peranan penting dalam pengembangan sumber daya dan teknologi. Untuk mencapai world class campus perguruan tinggi juga perlu mempertimbangkan kampus ramah lingkungan atau eco-campus. Dengan kurikulum yang komprehensif, mahasiswa akan belajar melalui simulasi, eksperimen, dan prototyping teknik energi berbasis komputer. Mahasiswa akan belajar manajemen sumber daya pengolahan bahan baku, pembangkit listrik, efisiensi energi, dan konservasi. Siswa akan terlibat dalam proyek eksperimental dari skala percontohan hingga skala industri dan dilengkapi dengan kewirausahaan teknik melalui kursus manajemen energi dan uji coba pra-komersial.

Di Telkom University sudah menerapkan hal yang diatas sehinga udara dilingkungan Telkom University sangat bersih dan banyak pepohonan,yang bisa menyerap berbagai sumber polusi yang ada disekitaran Telkom University.

 

4.Renewble Energi di Telkom University

            Renewble energy merupakan energi yang alamiah seperti Sinar matahari, angin, geothermal, hydropower, surya dan biomasa yang memiliki tujuan menjaga kestabilan suhu bumi sehingga dapat mencegah perubahan iklim dan mampu meningkatkan ketahanan energi. Di Telkom University telah menerapkan ini contohnya ada stop kontak tenaga surya yang berada di dekat Alumni Coffe didepan Oplib.Saran saya Sebaiknya Telkom University lebih banyak menggunakan Renewble Energi ini seperti pembangkit listrik tenaga angin,pembangkit listrik tenaga air,dan lain lain.

 

            5.Peraturan aturan bermotor di Telkom University

                        Telkom University membebaskan mahasiswanya mengendarai sepeda motor kekampus dan disediakan beberapa parkiran.

            Namun menurut saya sangat prihatin melihat jalanan yang ada didalam Telkom University maupun disekitaran kampus,yang banyak lubang dan dapat menyebabkan kecelakan. Dan diparkiran juga belum tertata rapi,saran saya untuk parkiran asrama hendaknya diberi atap agar kendaraan yang ada disana tidak kehujanan dan kepanasan sehingga membuat pengendara merasa aman dan nyaman.