Entri blog oleh MUHAMMAD ZAKI

Gambar dari MUHAMMAD ZAKI
oleh MUHAMMAD ZAKI - Jumat, 18 November 2022, 20:56
Siapa pun di dunia

Nama : Muhammad zaki

NIM : 1102220111

Kelas : EL-46-04

 

1.     SGDs Telkom University

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030. Menurut saya, Dari aspek-aspek yang ada, pandangan saya yang mengacu pada aspek lingkungan Tel-U yang sudah mengaplikasikan SDGs di lingkungan kampus. Seperti pendidikan yang sudah berkualitas dengan kurikulum yang memadai dan dosen yang berkompeten serta sarana baik infrastruktur maupun fasilitas yang menunjang kegiatan mahasiswa. Ketersediaan air bersih, kebersihan lingkungan, serta tatanan lingkungan kampus yang baik membuat kegiatan di kampus menjadi nyaman dan kondusif. 

 

 

2.     Kebhinekaan Telkom Untiversity

Di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini, Telkom University juga terus mengambil peran sebagai Perguruan Tinggi yang  terus berkomitmen dalam merawat kebhinnekaan, keberagaman dan kemajemukan. Pelaksanaan penanaman nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika di Telkom University dilaksanakan melalui hal-hal kecil yang mempunyai arti besar seperti mengutamakan musyawarah, tolong-menolong, menghargai perbedaan, dan menyadari bahwa kita semua adalah satu Indonesia. Tidak hanya itu, kebhinekaan yang ada juga mencangkup budaya, serta suku bangsa. Dimana terdapat UKM kedaerahan yang dapat mewadahi mahasiswa Telkom University yang berasal dari berbagai daerah. Kebhinekaan juga diterapkan oleh seluruh civitas yang bekerja di lingkungan Tel-U. Contohnya adalah saling menghargai dan menghormati antar civitas, sehingga tidak ada kesenjangan sosial antara mahasiswa dan dosen dengan pekerja yang bekerja di Telkom University.



3.     Gerakan Lingkungan Telkom University

Peran mahasiswa disini adalah sadar terhadap lingkungan dan menjaga kebersihan lingkungan kampus. Sebagai mahasiswa harus bisa menjadi contoh yang baik untuk adik tingkatnya, serta masyarakat, agar ikut mendukung tercapainya tujuan dalam menjaga kebersihan lingkungan dari sampah, supaya tidak menyebabbkan penyakit ataupun hal-hal yang tidak diingikan di masa depan.

Dalam menciptakan lingkungan kampus yang kondusif, deiperlukan juga kerja sama dari berbagai elemen kampus, yang terdiri dari: mahasiswa, dosen, staff, petugas kebersihan dlll. Jika elemen-elemen tersebut terbentuk, bisa menciptakan hubungan kampus yang harmonis, dan lingkungan kampus yang bersih akan tercipta. Selain hubungan antar elemen-elemen kampus yang harmonis, fasilitas kampus juga dapatb mempengaruhi terciptanya lingkungan kampus yang nyaman untuk mahasiswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Contohnya saja, tersedianya fasilitas wifi di setiap sudut gedung. Hal ini akan memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas sehingga prestasi pun juga bisa meningkat.

Karena itu, mulailah membuat perubahan dari diri sendiri, kemudian lakukan pendekatan dengan orang sekitar secara perlahan agar semua orang disektiar kita mau untuk menjaga lingkungan. Hal ini memang tidak mudah, namun kita bisa memberikan pemahaman-pemahaman kecil yang bisa merubah cara berpikir orang lain.

Jadilah Mahasiswa dengan tingkat kepekaan terhadap lingkungan karena peninggalan terbaik kita kepada masa depan adalah lingkungan yang terjaga dan nyaman.

 



4.     Renewable Energy Telkom University

Dalam mengembangkan energi terbarukan Universitas Telkom telah melakukan terobosan-terobosan dalam menciptakan sumber-sumber energi selain dari listrik yang telah disediakan oleh PLN, Bahan Bakar Kendaraan selain yang di sediakan oleh pertamina, adapun sumber-sumber energi terbarukan yang di ciptakan oleh Universitas Telkon seperti mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah, mengingat sampah yang di hasilkan oleh Kampus Universitas Telkom lumayan signifikan yang akhirnya di manfaatkan untuk bahan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah.



5.     Pengaturan penggunaan kendaraan bermotor Telkom University

Untuk pengaturan penggunaan kendaraan bermotor, sudah disediakan lahan parkiran bagi setiap civitas yang membawa kendaraan, baik lahan parkir motor maupun mobil. Lahan parkirannya pun cukup luas dan tersebar di setiap pintu masuk (gate). Namun ini tidak diiringi dengan fasilitas jalan yang baik, baik di sekitar Tel-U (jalan raya) dan juga jalan yang ada di dalam parkiran. Jalanan yang ada tidak cukup layak digunakan dikarenakan terdapat lubang yang cukup besar dan jalan tidak rata, sehingga cukup membahayakan pengendara yang melewati jalan tersebut. Jalanan di parkiran motor pun tidak semuanya bagus, karena hanya sebagian parkiran yang menggunakan paving block dengan tekstur tanah yang rata, sehingga banyak lubang di parkiran, terlebih parkiran motor. Sehingga bila terjadi hujan, suasana parkiran motor jadi sangat becek, dan penyerapan air di daerah parkiran pun kurang efektif sehingga bila terjadi hujan besar daerah parkiran menjadi banjir. Penerangan pada daerah parkiran pun cukup minim, sehingga sulit untuk mengetahui posisi kendaraan pada saat suasana sudah malam atau gelap. Mungkin hal ini dapat diperbaiki dengan perataan tanah yang ada di parkiran serta menambahkan sumber resapan air di sekitar parkiran.