Blog entry by FEBRIAN JOSUA KONTU

Anyone in the world

Febrian Kontu

1102223066

EL-46-07              

Kondisi Jalan di Telkom University

                Telkom University merupakan salah satu universitas swasta di Indonesia, yang bertempat di daerah Bandung. Telkom University sendiri memiliki luas daerah yang luas, diambil dari website telkomuniversity.ac.id luas daerah dari kampus Telkom University sekitar 50 hektar. Dikarenakan luasnya daerah Telkom University, maka harus ada jalan kendaraan bermotor sebagai akses bagi orang-orang dalam daerah kampus untuk menggunakan transportasi. Jalan dalam Telkom University dapat dibilang penting, karena selain daerahnya yang luas banyak mahasiswa yang membawa kendaraan bermotor mereka sendiri. Selain itu juga Telkom University menyediakan kendaraan untuk menjemput mahasiswa dan mengantar mahasiswa ke tempat tujuan mereka, hal ini untuk memudahkan kegiatan mahasiswa selama berada di dalam daerah kampus.

Banyaknya kendaraan bermotor membuat jalan menjadi penting, oleh karena itu kita juga harus memperhatikan bagaimana kondisi dan kualitas jalan dalam daerah Telkom University. Selama berada di Telkom, saya melihat masih ada jalan-jalan di dalam Telkom yang sudah hancur dan berlubang namun belum diperbaiki. Hal ini membuat jalan susah dilalui dan tidak nyaman untuk dilalui. Jalan-jalan yang sudah rusak tersebut dapat ditemukan di jalan depan asrama putra dan jalan di gate 1 atau tempat keluar kendaraan sepeda motor. Jalan-jalan yang rusak juga dapat membahayakan bagi pengendara sepeda motor, karena lubang-lubang yang ada dapat menyebabkan pengendara kehilangan kendali, hal ini membuat pengendara sepeda motor harus menghindar ketika ada lubang. Ketika hujan jalan-jalan yang tersbut tersebut akan menjadi semakin berbahaya untuk dilalui, karena jalan sudah menjadi licin dikarenakan hujan sehingga pengendara motor susah untuk menghindar lubang-lubang yang ada. Lubang-lubang di tengah jalan akan membuat genangan yang diakibatkan oleh hujan, dan genangan tersebut membuat kita tidak tahu mana lubang yang dalam dan mana lubang yang dangkal, sehingga hal ini berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan. Di depan Telkom University juga jalan-jalannya sudah rusak dan berbahaya bagi pengendara. Selain jalan bagi mahasiswa Telkom, jalan tersebut juga sudah menjadi jalanan umum.

Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah jalan rusak adalah dengan merenovasi jalan sepenuhnya. Di gate 1 saya pernah melihat lubang-lubang yang ada di jalan hanya ditambal asal-asalan, sehingga tidak berlangsung lama lubang-lubang tersebut muncul lagi. Seharusnya jalan yang sudah rusak dan berlubang jika ingin diperbaiki, maka bukan hanya ditambal lubang yang ada namun harus direnovasi semua jalannnya, supaya jalan tersebut bisa tahan lama dan tidak langsung berlubang. Untuk jalan yang berada di depan Telkom, jika jalan tersebut masih masuk wilayah Telkom University, maka pihak Telkom University dapat merenovasi jalan itu bersamaan dengan jalan yang ada di dalam Telkom. Namun, jika jalan yang ada di depan Telkom University sudah bukan termasuk wilayah Telkom, maka pihak Telkom University dapat secara inisiatif mengajukan perbaikan jalan ke pemerintah setempat. Perbaikan jalan itu penting, karena selain supaya lancar dan nyaman dalam berkendara, jalan yang bagus dapat menjadi nilai tambah, dan juga ketika ada tamu penting kita tidak malu lagi dengan jalan yang rusak tersebut.

Demikian pembahasan saya, saya berharap perbaikan jalan di Telkom University dapat cepat dilaksanakan demi kenyamanan dan keselamatan kita. Terima Kasih.


[ Modified: Thursday, 17 November 2022, 7:22 PM ]