Blog entry by MUHAMMAD DAFA SAFFITRA

Picture of MUHAMMAD DAFA SAFFITRA
by MUHAMMAD DAFA SAFFITRA - Thursday, 17 November 2022, 3:33 PM
Anyone in the world

Muhammad Dafa Saffitra

EL-46-06

1102223265

                                                              GERAKAN SADAR LINGKUNGAN


Alam dan kehidupan merupakan lingkungan hidup manusia dalam sistem alam semesta. Dengan sistem nilai dan norma tertentu, manusia dapat merubah alam menjadi suatu sumber kehidupan yang positif maupun negatif, yang lalu memiliki dampak pada alam. Dampak manfaat akan membawa manusia pada kebahagiaan, kesejahteraan atau kemuliaan. Sedangkan dampak negatif bisa menyebabkan kehancuran kehidupan manusia sendiri.

Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup merupakan dukungan terhadap kehidupan dan kesejahteraan, bukan saja terhadap manusia, tetapi juga makhluk hidup lain, seperti hewan dan tumbuhan. Oleh karena seluruh isi alam dapat bermanfaat bagi kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia, maka tumbuhan dan hewan yang dapat mendukung kedua hal tersebut harus tetap terjaga kedalam fungsinya sebagai pendukung kehidupan. 

Permasalahan Lingkungan Hidup

Masalah lingkungan hidup adalah masalah yang penting dan tidak bisa kita abaikan saat ini. Karena alam dan manusia terikat satu sama lain sama hal nya dengan masalah yang terjadi. Peran manusia masih menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan alam. Kerusakan alam yang terjadi saat ini berlangsung panjang dan dampaknya semakin luas.

Seperti yang kita tahu, negara kita telah dianugrahi dengan alam yang sangat indah. Hamparan hutan tropis yang luas, keindahan laut, hingga pegunungan merupakan kekayaan alam negeri ini. Sayangnya, dewasa ini lingkungan ibu pertiwi mulai rusak. Padahal manusia serta makhluk hidup lainnya sangat bergantung pada lingkungan. Dampak dari kerusakan ditandai dengan adanya bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor. Berbagai kerusakan alam diantaranya karena ulah tangan-tangan jahil manusia. Selain bencana alam sebagai pertanda kerusakan alam, dampak yang ditimbulkan dari kerusakan antara lain seperti pencemaran lingkungan.

Upaya Penyelamatan Lingkungan

Upaya yang perlu kita ambil yakni dengan adanya pengelolaan lingkungan hidup. Pengelolaan lingkungan hidup adalah pemanfaatan dan peningkatan kualitas yang manjadi tugas manusia, sebab Tuhan telah menciptakan manusia dari bumi (tanah) dan menjadikan manusia sebagai pemakmurnya. Selain dengan pengelolaan alam, kita perlu menanamkan etika bagi upaya membudayakan pengelolaan lingkungan yang bertanggung jawab. Pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya untuk melestarikan fungsi alam yang meliputi kebijaksanaan penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan dan pengendalian lingkungan hidup.

Sebagai Mahasiswa Telkom University, kita turut melakukan gerakan peduli lingkungan yang berdampak positif bagi warga Telkom University maupun bagi diri sendiri. Banyak fenomena gerakan lingkungan di area kampus, seperti adanya area penghijauan, technopark dan sebagainya. 

Gerakan Penyelamatan Lingkungan

Gerakan itu bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap ancaman pencemaran sampah yang mengancam lingkungan hidup dan keseimbangan ekologis. Contohnya, Astacala Telkom University.

QUOTES: Apakah jika pohon terakhir akan ditebang dan mata air terakhir berhenti mengalir, baru saat itulah manusia sadar bahwa uang tidak dapat dimakan dan diminum."

[ Modified: Thursday, 17 November 2022, 3:34 PM ]