Blog entry by TENGKU ABDURRAZAK JOHAN

Picture of TENGKU ABDURRAZAK JOHAN
by TENGKU ABDURRAZAK JOHAN - Thursday, 17 November 2022, 3:14 PM
Anyone in the world

RENEWABLE ENERGY


Telkom University adalah salah satu Universitas Swasta yang ada di Indonesia. Sekarang, Telkom University beralamat di Jl. Telekomunikasi. 1, Terusan Buahbatu - Bojongsoang, Telkom University, Sukapura, Kec. Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40257. Telkom University sudah berdiri smeenjak tahun 2013, Sedangkan dulu sebelum menjadi Universitas Telkom terbagi menjadi beberapa jenis seperti sekolah tinggi teknik dan beberapa jenis universitas lainnya, namun semenjak tahun 2013, telkom menyatukan beberapa instansi tersebut menjadi satu yaitu Telkom University. 

Telkom University memeiliki banyak fasilitas bagi mahasiswanya dari asrama, tempat perkuliahan, lahan parkir, dan masih banyak lagi yang bisa disebutkan. Salah satunya yang lumayan menarik adalah TUC yang biasanya digunakan sebagai alat transportasi sekitar kampus. Namun, TUC ini masih berbahan bakar minyak yang mungkin tidak terlalu ramah bagi ligkungan, maka akan lebih baik ketika TUC yang berbahan bakar minyak bumi diganti menjadi berbahan bakar yang lebih ramah lingkungan seperti listrik, sudah banyak sekali sekarang alat tranportasi yang menggunakkan listrik seperti sepedea motor, mobil, kereta listrik, dll. Akan lebih baik ketika hal tersebut bisa diaplikasikan ke Telkom University.

Mungkin, masih banyak pembangkit listrik yang tidak ramah lingkungan juga untuk menghasilkan listrik dan memasukkan energi ke baterai agar bisa digunakan ke dalam transportasi listrik yang diinginkan. Namun, mungkin ada solusi yang lumayan bisa membantu masalah tersebut yaitu dengan menggunakan solar panel atau panel surya di sekitar Telkom University. Panel surya adalah kumpulan sel surya yang ditata sedemikian rupa agar efektif dalam menyerap sinar matahari. Sinar matahari tersebut akan di konversikan menjadi energi listrik yang bisa dipakai. Penggunaan panel surya ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, bahwa Telkom University memeiliki lahan parkir motor dan mobil yang lumayan luas, Mungkin bisa saja panel surya dijadikan atap di atas lahan parkir yang biasanya sangat panas di siang hari, jadi panel surya memiliki lahan yang diperlukan dan Lahan parkirpun akan terasa lebih adem karena sudah tidak terkena sinar matahari, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengaplikasikan panel surya di sekitar Telkom Univeristy dengan efektif. 

Namun, memang ada beberapa kekurangan dari penggunaan panel surya sebagai sumber energi listrik yaitu ketika Indonesia sedang menjalani musim hujan diamana matahari tidak muncul sesering itu. Akan Tetapi, menurut saya tidak ada salahnya ketika kita menggunakkan panel surya selagi bisa dan juga menggunakkan Listrik konvensional ketika matahari sedang tidak ada, minimal kita sudah mengurangi penggunaan listrik dan juga bahan bakar minyak konvensional dengan menggunakkan energi Pembaruan ini.

[ Modified: Thursday, 17 November 2022, 3:18 PM ]