Blog entry by PUTRA AJI PAMUNGKAS

Picture of PUTRA AJI PAMUNGKAS
by PUTRA AJI PAMUNGKAS - Thursday, 17 November 2022, 11:08 AM
Anyone in the world

PEMBENTUKAN KARAKTER

KEBHINEKAAN

  Telkom University merupakan kampus swasta terbaik di Indonesia, dan mahasiswa yang ada di Telkom University berasal  dari berbagai provinsi. Bisa kita simpulkan bahwa pada lingkungan Telkom University, peran Kebhinekaan dan Bhinneka Tunggal Ika ini mempunyai peran yang luar biasa, karena bisa dijadikan pedoman kelangsungan hidup di Telkom University sebagai toleransi dalam semua perbedaan yang dimiliki mahasiswa dari berbagai provinsi maupun di berbagai penjuru negara.

 

Kebhinekaan bangsa Indonesia adalah keragaman bangsa Indonesia. Kata kebhinekaan berasal dari Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan semboyan negara Indonesia. Dimana arti dari Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tapi masih satu jua. Kebhinekaan artinya beraneka ragam, bermacam-macam yang mengarah pada adanya perbedaan dalam masing-masing kehidupan. Masyarakat merupakan kelompok manusia atau individu yang secara bersama-sama tinggal di suatu tempat dan saling berhubungan. Kebhinekaan atau keragaman adalah identitas utama bangsa Indonesia. Perbedaan paham, agama, suku maupun kepentingan kelompok haruslah disikapi dengan bijak dan tenang tanpa harus menggunakan kekerasan dan ketegangan. Kebhinekaan harus dipahami sebagai kekuatan pemersatu bangsa. Menerima perbedaan sebagai sebuah kekuatan, bukan sebagai ancaman atau gangguan. Jadi, kebhinekaan artinya beraneka ragam, bermacam-macam yang mengarah pada adanya perbedaan dalam masing-masing kehidupan. Tujuan Bhinneka Tunggal Ika adalah memunculkan keinginan menerima dan menghargai keragaman. Tanpa keinginan tersebut akan sulit mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

 

Saya memilih tema kebhinekaan karena menurut saya rasa kebhinekaan antar mahsiswa Telkom University ini kurang Bersatu. Dari sudut pandang saya, di Telkom University belum ada kebhinekaan seperti mengadakan festival – festival budaya yang dapat menyatukan mahasiswa. Sedikitnya rasa kebhinekaan itu ada diantara teman kelas atau teman asrama. Seperti acara asrama yaitu Welcoming Day Party yang dapat menyatukan orang orang untuk Bersatu. Dan dikelas rasa kebhinekaan itu telah muncul seperti mengerjakan tugas bareng atau tugas kelompok.


Saran dari saya sebaiknya ditmawa untuk selalu mengadakan seminar atau kegiatan budaya yang dapat mempersatukan mahasiswa seperti dengan mengadakan acara acara besar seperti festival budaya atau seminar seminar kebudayaan dapat menyatukan kebhinekaan antar mahasiswa, meskipun kita berasal dari beraneka macam daerah tapi kita yakin untuk bersama sama merangkul menjadi satu untuk Telkom University. Dengan adanya kegiatan tersebut pasti kegiatan kampus akan menjadi sejahtera dan tentram antar mahasiswa dan mahasiswa menjadi kenal antar satu dengan yang lainnya.