Blog entry by REVANZA ARYA DARMAWAN

Picture of REVANZA ARYA DARMAWAN
by REVANZA ARYA DARMAWAN - Wednesday, 16 November 2022, 11:25 PM
Anyone in the world

KEBHINEKAAN TELKOM UNIVERSITY

 

Telkom university merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia jadi tidak heran kalau banyak mahasiswa, dosen, pengurus, dll, berasal dari berbagai daerah di nusantara. Khebinekaan sendiri diberi pengertian/makna dengan mengadaptasi konsep multikulturalisme, yaitu adanya kesediaan untuk menerima kelompok lain secara sama sebagai kesatuan, tanpa mempedulikan perbedaan budaya, etnik, jender, bahasa, ataupun agama. Sebenarnya negara Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan kultur budaya terbanyak di dunia sayangnya di negara-negara lain konsep kenhinekaan ini masih belum diterapkan dengan baik seperti contoh di negara amerika, sering terjadi bentrok antara satu ras dengan yang lainnya, sebagai warga negara Indonesia kita harus bersyukur karena dasar negara kita adalah bhineka tunggal ika.

 

Tellkom university adalah salah satu tempat dengan keberagaman budaya yang banyak, di kampus ini banyak program yang mencerminkan bhineka tunggal ika, salah satu penerapan nya adalah dengan adanya UKM berbagai daerah, UKM berbagai agama, UKM minat bakat dan masih banyak lagi.

 

UKM DAERAH di Telkom tergolong lengkap, agar masyarakat Telkom lebih mengenal adat dan budaya di berbagai daerah inovasi yang bisa dilakukan antara lain

-         setiap ukm mengadakan event per semester membuat booth makanan yang menjual makanan khas daerah.

-         Setiap ukm mengadakan lomba creativity contest seperti pembuatan rumah adat dari stik es krim, postingan di social media terbaik dengan menggunakan atribut daerah, dll. Tetapi lomba-lomba seperti ini sedikit peminatnya karena sibuknya kuliah dan creativity contest memerlukan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit sehingga jalan keluarnya adalah dengan memberikan pemenang creativity contest hadiah yang setara seperti pemberian TAK yang banyak dan sebagainya.

-         Nationality day, pada bulan agustus dalam satu hari masyarakat Telkom menggunakan aksesoris daerah masing-masing, hal ini bisa mengangkat rasa penasaran para mahasiswa, dan juga postingan-postingan social media juga akan mengangkat rasa nasionalisme banyak orang.

 

UKM-UKM yang dapat menerapkan usulan-usulan di atas antara lain:

 

Unit Kebudayaan Mahasiswa Aceh (UKMA)

UKM untuk mahasiswa/i yang berasal dari aceh, ukm yang fokusnya menyebarkan adat dan budaya yang berasal dari aceh sehingga masyarakat Telkom akan lebih mengenal adat istiadat daerah Aceh.

Penerapan:

-         Menjual makanan khas aceh, seperti ayam tangkap aceh, timphan, mie aceh, penjualan makanan sebaiknya memilih makanan yang mudah dibuat agar penjualan juga dapat dilakukan dengan baik

-         Creativity contest, pembuatan rumah adat aceh yaitu rumoh aceh dengan stik es krim, upload foto di social media menggunakan atribut daerah aceh dengan #CREATIVITY_CONTEST_ACEH.

 

Keluarga Besar Mahasiswa Sulawesi (KBMS)

UKM untuk mahasiswa/i yang berasal dari Sulawesi, ukm yang fokusnya menyebarkan adat dan budaya yang berasal dari Sulawesi sehingga masyarakat Telkom akan lebih mengenal adat istiadat daerah Sulawesi.

Penerapan:

-         Menjual makanan khas Sulawesi, seperti pisang epe, es pisang ijo, coto makassar, penjualan makanan sebaiknya memilih makanan yang mudah dibuat agar penjualan juga dapat dilakukan dengan baik

-         Creativity contest, pembuatan rumah adat sulawesi yaitu rumah tongkonan dengan stik es krim, upload foto di social media menggunakan atribut daerah aceh seperti menggunakan batik bomba khas Sulawesi dengan #CREATIVITY_CONTEST_ACEH.

 

Kalimantan

UKM untuk mahasiswa/i yang berasal dari Kalimantan, ukm yang fokusnya menyebarkan adat dan budaya yang berasal dari Kalimantan sehingga masyarakat Telkom akan lebih mengenal adat istiadat daerah Kalimantan.

Penerapan:

-         Menjual makanan khas aceh, seperti pengkang, bubur pedas, kerupuk basah atau temet, penjualan makanan sebaiknya memilih makanan yang mudah dibuat agar penjualan juga dapat dilakukan dengan baik

-         Creativity contest, pembuatan rumah adat kalimantan yaitu rumoh adat betang dengan stik es krim, upload foto di social media menggunakan atribut daerah Kalimantan seperti menggunakan baju kurung dengan #CREATIVITY_CONTEST_ACEH.

 

Persatuan Mahasiswa Lampung (PERMALA)

UKM untuk mahasiswa/i yang berasal dari Lampung, ukm yang fokusnya menyebarkan adat dan budaya yang berasal dari Lmpung sehingga masyarakat Telkom akan lebih mengenal adat istiadat daerah Lampung.

Penerapan:

-         Menjual makanan khas Lampung, seperti seruit, tempoyak, keripik pisang khas lampung, penjualan makanan sebaiknya memilih makanan yang mudah dibuat agar penjualan juga dapat dilakukan dengan baik

-         Creativity contest, pembuatan rumah adat Lampung yaitu siger dengan stik es krim, upload foto di social media menggunakan atribut daerah lampung seperti menggunakan siger dengan #CREATIVITY_CONTEST_ACEH.

 

 

Rumah Gadang

UKM untuk mahasiswa/i yang berasal dari Padang, ukm yang fokusnya menyebarkan adat dan budaya yang berasal dari Padang sehingga masyarakat Telkom akan lebih mengenal adat istiadat daerah Padang.

Penerapan:

-         Menjual makanan khas Padang, seperti nasi padang, lontong sayur, sate padang, penjualan makanan sebaiknya memilih makanan yang mudah dibuat agar penjualan juga dapat dilakukan dengan baik

-         Creativity contest, pembuatan rumah adat padang yaitu rumah gadang dengan stik es krim, upload foto di social media menggunakan atribut daerah padang dengan #CREATIVITY_CONTEST_ACEH.

 

Sariksa Wiwaha Sunda (SAWANDA)

UKM untuk mahasiswa/i yang berasal dari sunda, ukm yang fokusnya menyebarkan adat dan budaya yang berasal dari sunda sehingga masyarakat Telkom akan lebih mengenal adat istiadat daerah sunda.

Penerapan:

-         Menjual makanan khas aceh, seperti nasi tutug oncom, nasi timbel, batagor, penjualan makanan sebaiknya memilih makanan yang mudah dibuat agar penjualan juga dapat dilakukan dengan baik

-         Creativity contest, pembuatan rumah adat sunda yaitu badak heuay dengan stik es krim, upload foto di social media menggunakan atribut daerah sunda seperti menggunakan pangsi dengan #CREATIVITY_CONTEST_ACEH.

 

 

 

 

 

 

Samalowa Lombok Sumbawa

UKM untuk mahasiswa/i yang berasal dari Lombok, ukm yang fokusnya menyebarkan adat dan budaya yang berasal dari Lombok sehingga masyarakat Telkom akan lebih mengenal adat istiadat daerah Lombok.

Penerapan:

-         Menjual makanan khas Lombok, seperti ayam taliwang, plecing kangkung, nasi balap, penjualan makanan sebaiknya memilih makanan yang mudah dibuat agar penjualan juga dapat dilakukan dengan baik

-         Creativity contest, pembuatan rumah adat lombok yaitu rumah bale dengan stik es krim, upload foto di social media menggunakan atribut daerah Lombok dengan #CREATIVITY_CONTEST_LOMBOK_TELU.

 

Ikatan Keluarga Anak Riau dan Kepulauan Riau (IKRAR)

UKM untuk mahasiswa/i yang berasal dari Riau, ukm yang fokusnya menyebarkan adat dan budaya yang berasal dari Riau sehingga masyarakat Telkom akan lebih mengenal adat istiadat daerah Riau.

Penerapan:

-         Menjual makanan khas Riau, seperti sup tunjang, nasi lemak, lakse kuah, penjualan makanan sebaiknya memilih makanan yang mudah dibuat agar penjualan juga dapat dilakukan dengan baik

-         Creativity contest, pembuatan rumah adat Riau yaitu rumah selaso dengan stik es krim, upload foto di social media menggunakan atribut daerah riau seperti menggunakan kebaya labuh dengan #CREATIVITY_CONTEST_RIAU_TELU.

 

 

 

 

 

Ikatan Mahasiswa Maluku dan Papua (IMMAPA)

UKM untuk mahasiswa/i yang berasal dari Papua, ukm yang fokusnya menyebarkan adat dan budaya yang berasal dari Papua sehingga masyarakat Telkom akan lebih mengenal adat istiadat daerah Papua.

Penerapan:

-         Menjual makanan khas Papua, seperti kue sagu, papeda, udang selingkuh, penjualan makanan sebaiknya memilih makanan yang mudah dibuat agar penjualan juga dapat dilakukan dengan baik

-         Creativity contest, pembuatan rumah adat Papua yaitu rumah honai dengan stik es krim, upload foto di social media menggunakan atribut daerah papua dengan #CREATIVITY_CONTEST_ACEH.